Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Pendapat Ustad Abdul Somad Terkait Para Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Oct - 2022, 11:53

Ustadz Abdul Somad berikan pendapatnya terkait para korban yang meninggal dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan apakah termasuk husnul khotimah atau suul khotimah (foto dari video yang terkait)
Ustadz Abdul Somad berikan pendapatnya terkait para korban yang meninggal dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan apakah termasuk husnul khotimah atau suul khotimah (foto dari video yang terkait)

JATIMTIMES - Ustadz Abdul Somad berikan komentar terkait para korban yang meninggal di Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Pendapat tersebut dikeluarkan UAS atas banyaknya pertanyaan warganet terkait para korban yang meninggal tergolong khusnul khatimah atau suul khatimah.

Menurut UAS, kita harus husnuzdon terhadap para korban, selain menjadi doa untuk para korban, husnudzon yang kita lakukan akan menjadi doa tersendiri untuk kita.

"Andai kita berhusnudzon mereka husnul khatimah, dan kita doakan semoga husnul khatimah maka malaikat mengatakan Amiin walaka bistlu. Doamu dikabulkan semoga kau juga dapat husnul khatimah," ujar UAS.

Selain itu, menurut UAS ketika malaikat maut tertulis di keningnya la ila haillah. 

Jadi sebelum mencabut nyawa, mata itu akan melihat dan membaca kalimat tasbih tersebut menjadikan seseorang itu meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

"Meski dari rumah tidak ada niat ibadah, namun pada saat mau dicabut nyawa membaca la ilaha illallah bisa jadinya matinya husnul khatimah," sambung UAS.

Untuk itu, UAS menganjurkan kepada kita yang masih hidup untuk selalu huznudzon, karena suudzon tidak akan mendapat apa-apa melainkan mendapat dosa. 

Namun, husnuzdon yang dilakukan harus sesuai dengan etika dan adat istiadat yang ada. UAS juga menganjurkan agar selalu istiqomah dalam pelaksanaan husnudzon tersebut. Karena menurut UAS, istiqomah buah dari meninggalnya orang husnul khatimah.

"Buah dari istiqomah adalah husnul khatimah," pungkas UAS.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri