Malangtimes

Buntut Kasus KDRT Terhadap Lesti Kejora, Rizky Billar Diberhentikan debagai Host D' Academy 5

Oct 05, 2022 08:49
Suami dari Lesti Kejora yakni Muhammad Rizky Billar yang tersangkut kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) diberhentikan sebagai pembawa acara di program Dangdut Academy 5. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Suami dari Lesti Kejora yakni Muhammad Rizky Billar yang tersangkut kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) diberhentikan sebagai pembawa acara di program Dangdut Academy 5. (Foto: Instagram @rizkybillar)

JATIMTIMES - Buntut kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan oleh Muhammad Rizky Billar kepada sang istri yakni Lestiani Andryani atau Lesti Kejora, berdampak pada karir Rizky Billar.

Pasalnya, Rizky Billar telah secara resmi diberhentikan sebagai host atau pembawa acara dalan program D' Academy 5 atau Dangdut Academy 5 yang disiarkan melalui stasiun televisi Indosiar.

Keputusan pemberhentian Rizky Billar sebagai pembawa acara Program D' Academy 5 merujuk pada keputusan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yakni menutup ruang bagi pelaku KDRT, baik di televisi maupun radio.

"Keputusan Komisi Penyiaran Indonesia mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi," ujar Ramzi, dikutip dari YouTube Indosiar, Selasa (4/10/2022) malam.

Kemudian, Irfan Hakim yang juga sebagai pembawa acara dalam Program D' Academy 5 menyambung pernyataan dari Ramzi. Menimbang dari berbagai aspek dan rekomendasi, akhirnya pihak Indosiar memutuskan untuk memberhentikan Rizky Billar sebagai pembawa acara Program D' Academy 5.

"Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy," ucap Irfan Hakim.

Sementara itu, Ruben Onsu yang juga pembawa acara dalam Program D' Academy 5 itu mengajak seluruh masyarakat agar berani angkat bicara dan menolak segala bentuk KDRT.

"Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak dengan segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga," tutur Ruben.

Untuk diketahui, Rizky Billar merupakan seorang pembawa acara baru dalam Program D' Academy 5. Selain Rizky Billar, terdapat beberapa pembawa acara baru dalam Program D' Academy 5, yakni Ruben Onsu, Jirayut dan Tiara Ramadhani.

Lebih lanjut, KPI Pusat telah memberikan pernyataan resmi melalui unggahan di akun instagram @kpipusat pada Jumat (30/9/2022) bahwa pihaknya meminta kepada seluruh lembaga penyiaran agar tidak menjadikan pelaku KDRT sebagai pengisi acara atau penampil di semua program siaran, baik di televisi maupun radio.

Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah menyampaikan, bahwa seharusnya figur publik harus memberikan contoh positif kepada pemirsa. Baik melalui apa yang nampak di layar kaca maupun dalam kehidupan sehari-hari.

"Segala bentuk kekerasan, terutama KDRT, merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia," tegas Nuning.

Sebagai informasi, Lesti Kejora telah melaporkan suaminya yakni Rizky Billar atas tindakan dugaan KDRT pada Rabu (28/9/2022) pekan lalu di Polres Metro Jakarta Selatan.

Pihak kepolisian juga telah mengumpulkan beberapa bukti petunjuk atas perkara dugaan KDRT tersebut. Di antaranya hasil visum luka Lesti Kejora, serta keterangan dari dua saksi yang terdiri dari karyawan dan teman dekat Lesti Kejora dan Rizky Billar. Selanjutnya, pada hari Kamis (6/10/2022) besok, Rizky Billar akan menjalani pemeriksaan perdana dengan status sementara sebagai saksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru