Malangtimes

Sepanjang September, Hanya 4 Bencana Terjadi di Kota Batu

Oct 04, 2022 20:09
Salah satu bencana banjir lumpur di Desa Sumber Brantas.
Salah satu bencana banjir lumpur di Desa Sumber Brantas.

JATIMTIMES -  Selama Juli 2022, Kota Batu sempat nihil dari bencana dan kejadian. Namun selama September didapati lagi kejadian dan musibah di Kota Batu sebanyak 4 kejadian atau musibah.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu rinciannya, kebakaran bangunan ada satu kejadian. Kemudian ada dua kejadian angin kencang dan satu kejadian pohon tumbang.

Kejadian atau musibah itu terjadi di Kecamatan Bumiaji ada 2 musibah, 1 musibah di Kecamatan Junrejo dan Batu. Dengan terdapat kerusakan, mulai rusak ringan ada 4, 1 rusak sedang, dan 1 rusak berat.

“Masuknya musim hujan kami tetap waspada khususnya bencana banjir, angin kencang, dan tanah longsor. Ini bencana yang mengancam selama musim hujan,” ucap Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, Selasa (4/10/2022).

Melihat beberapa hari yang lalu saat hujan sudah terjadi banjir lumpur di Desa Sumber Brantas, dan angin kencang yang menerpa atap rumah hingga porak poranda di beberapa rumah di Desa Giripurno.

“Kedua kejadian itu seluruhnya berada di kawasan Kecamatan Bumiaji, yang memang daerahnya rawan,” tambah Agung. 

Selain itu berkaca peristiwa banjir bandang pada 4 November 2021 silam. Bencana itu meluluhlantahkan rumah warga, hewan ternak, pertanian, hingga menewaskan warga di Kecamatan Bumiaji. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melakukan antisipasi.

“Potensinya masih ada. Dan tidak menutup kemungkinan peristiwa banjir di kawasan Kecamatan Bumiaji pada tahun lalu kembali terjadi,” terang Agung.

Pengawasan secara intens pun bakal dilakukan kawasan rawan banjir, hingga titik-titik lainnya. Mengingat, terdapat 10 titik potensi banjir pada tahun ini. “Misalnya yang kerap terjadi banjir seperti di Sungai Beru dan Sungai Paron. Selain itu juga beberapa titik di kawasan pemukiman Kota Batu seperti Kelurahan Sisir dan Kelurahan Temas,” tutup Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru