Malangtimes

2 Mata yang Tak Akan Tersentuh dari Panasnya Api Neraka

Oct 04, 2022 10:09
Ilustrasi api neraka (istockphoto)
Ilustrasi api neraka (istockphoto)

JATIMTIMES - Setiap umat, tentunya ketika di dunia maupun di akhirat, tak ingin terkena azab dari Allah SWT. Azab Allah tentunya sangat pedih. Bahkan, secuil api neraka panasnya mengalahkan api dunia.

Allah melipat gandakan panasnya api neraka sebanyak 70 kali lipat dari pada panasnya api di dunia. Rasulullah SAW bersabda, "Apinya kalian (di dunia) hanyalah satu dari 70 bagian api neraka jahanam".

Namun Rasulullah SAW mengabarkan, bahwa ada anggota tubuh yang dapat terhindar dari ancaman siksa pedih ini. Diolah dari Islamweb, terdapat dua mata yang dapat selamat dari panasnya api neraka. 

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Abbas RA dia berkata, aku mendengar Rasulullah ﷺ berkata, "Dua Mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka adalah mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga dalam perang sabilillah." 

Kemudian dalam hadis riwayat Anas bin Malik RA, Rasulullah bersabda, "Dua mata yang selamanya tidak akan disentuh oleh api neraka yakni mata yang semalaman menjaga kaum muslimin di peperangan dan mata yang menangis karena takut pada Allah."

Dari hadits yang disampaikan Rasulullah ini, tentunya, menjadi bahan renungan umat muslim, agar sebagai seorang hamba, mereka senantiasa mengingat Allah. Mereka senantiasa untuk menangis dan memohon ampun kepada Allah SWT atas hal-hal buruk yang dilakukannya. 

Terhindar dari siksa panasnya api neraka, tentu menjadi kemenangan bagi seorang hamba. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 185, "Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru