Malangtimes

Bupati Sanusi Salurkan Santunan ke 68 Keluarga Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan

Oct 03, 2022 14:23
Penyerahan santunan kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan di Ponpes Miftahul Ulum At Thorihin Gondanglegi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Penyerahan santunan kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan di Ponpes Miftahul Ulum At Thorihin Gondanglegi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi   mendatangi rumah sejumlah warga yang menjadi korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Senin (3/10/2022). Selain untuk bertakziah, bupati yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Kabupaten Wahyu Hidayat beserta sejumlah jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Malang sekaligus menyalurkan santunan kepada keluarga korban meninggal.  

Ada 12 rumah keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang didatangi Sanusi beserta rombongan. Yakni di Desa Genengan, Kendalpayak, Karangpandan  di kecamatan Pakisaji; Desa Gondanglegi Kulon di Kecamatan Gondanglegi dan  Desa Gampingan di  Kecamatan Pagak. 

"Ini bentuk kepedulian Pemkab Malang bersama pengusaha lain dan Bank Jatim untuk memberikan santunan kepada keluarga korban. Dan pada kesempatan kali ini, saya sampaikan belasungkawa. Dan hari ini Pemkab Malang merealisasikan santunan yang telah disepakati bersama," ujar Sanusi. 

Santunan yang disalurkan sebesar Rp 20 juta. Rinciannya yakni dari Pemkab Malang  Rp 10 juta, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang Rp 5 juta, dan Bank Jatim Rp 5 juta. Selain itu, rencananya santunan akan ditambah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sebesar Rp 10 juta. 

Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Dari total korban meninggal sebanyak 125 orang, tercatat  68 korban jiwa merupakan warga Kabupaten Malang. Selebihnya,merupakan warga Kota Malang dan daerah lain di luar Malang Raya. 

"Sehingga santunan yang diberikan hari ini hingga besok sebanyak 68 korban warga Kabupaten Malang yang kena musibah akan kita berikan santunan. Sedangkan biaya pengobatan semuanya telah ditanggung oleh Pemkab Malang," terang Sanusi. 

Sanusi  juga memberikan atensi terhadap peristiwa tersebut. Ia juga telah menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan, wakil Kmtua MPR, gubernur Jatim dan menteri PMK. 

"Juga diikuti semua forkopimda yang hadir. Berharap agar masalah bisa terbuka secara gamblang. Dan nanti hasilnya transparan lalu dipublikasikan ke masyarakat," imbuh Sanusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru