Malangtimes

Nasdem Tetapkan Anies Baswedan Jadi Calon Presiden 2024

Oct 03, 2022 11:47
Partai Nasdem tetapkan Anies Baswedan sebagai calon capres yang akan maju pada 2024 (foto dari Internet)
Partai Nasdem tetapkan Anies Baswedan sebagai calon capres yang akan maju pada 2024 (foto dari Internet)

JATIMTIMES - Partai Nasdem secara resmi mengumumkan dan menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung di 2024. 

Penyampaian atas penetapan Anies Baswedan sebagai calon presiden Nasdem tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Sebelum masuk pada sesi pengumuman, acara diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan Indonesia Raya serta himne Partai NasDem.

Surya Paloh Ketua Umum Partai Nasdem membeberkan alasan memilih Anies Baswedan sebagai capres di 2024. Surya mengatakan bahwa anak-anak bangsa saat ini baik dan Nasdem memilih yang terbaik.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Selatan.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," ujar Paloh.

Sebelum penetapan nama Anies Baswedan, Nasdem sebelumnya sudah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakarnas) dan berhasil mengantongi 3 nama calon capres 2024. Ketiga nama tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Anies Baswedan tampaknya memang sudah siap maju di capres 2024. 

Pasalnya saat menghadiri acara perpisahannya (farewell) menjelang selesainya periode kepemimpinannya sebagai gubernur di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (2/10) kemarin, Anies mengatakan bahwa dirinya sudah siap untuk tugas baru berikutnya. 

"Sore hari ini saya merasa terhormat karena ada sebuah farewell event. Walaupun sebenarnya saya akan tetap di Jakarta. Saya nggak akan ke mana-mana. Tugasnya memang selesai di Pemprov DKI Jakarta, tapi kita akan selalu bersiap untuk tugas-tugasnya," kata dia.

Saat ini, Anies Baswedan tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan jabatannya akan berakhir pada (16/10/2022) mendatang.

Minggu-minggu terakhir menjelang habisnya masa jabatan, Anies menekankan bahwa saat ini dirinya masih berstatus penyelenggara negara di Jakarta. Dia meminta agar warga menjaga apa yang sudah ada di Jakarta.

 "Dua minggu ke depan saya akan selesai dan menjadi warga negara, sekarang masih penyelenggara negara. Saya berharap apa yang sudah ada di Jakarta yuk jaga sama-sama," pungkas Anies Baswedan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru