Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan, Muncul Surat yang Sarankan untuk Majukan Jadwal Pertandingan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

02 - Oct - 2022, 13:24

Surat permohonan untuk perubahan jadwal pertandingan antara Arema dan Persebaya (Ist)
Surat permohonan untuk perubahan jadwal pertandingan antara Arema dan Persebaya (Ist)

JATIMTIMES - Tragedi memilukan dalam sepakbola Indonesia, terjadi di Malang saat laga Arema VS Persebaya Sabtu malam (1/10/2022). Terdata sebanyak 183 korban kehilangan nyawa dalam tragedi itu. Berbagai dugaan penyebab terjadinya kericuhan hingga tewasnya ratusan suporter itu banyak jadi perbincangan.

Salah satunya adalah munculnya dugaan abainya panitia pelaksana (Panpel) Arema atas saran pihak kepolisian. Hal ini merujuk pada munculnya sebuah surat ber- kop resmi kepolisian Resor Malang. Seperti diketahui, jika pelaksanaan pertandingan laga Arema VS Persebaya di Stadion Kanjuruhan (1/10/2022) berlangsung pada pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, pada surat yang beredar tersebut, tertanggal 13 September 2022 (seperti terbaca dalam surat) dengan nomor B/2151/XL/PAM.3.3/2022 perihal permohonan perubahan jadwal pertandingan Liga 1 Th 2022, jadwal pertandingan sempat dimohonkan untuk perubahan maju lebih awal karena pertimbangan keamanan.

Dalam surat memuat dua poin. Pertama perihal rujukan dan masukkan dari pihak kepolisian untuk Panpel Arema.  Dalam poin pertama, berupa rujukan yang berdasarkan 
Surat Panpel Arema FC Nomor : 014 / PANPEL / ARM / IX / 2022 tanggal 12 September 2022 perihal rekomendasi pertandingan dan bantuan keamanan pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Kemudian, perihal perkiraan Intelejen Singkat Nomor : R / KIRKAT - 110 / IX / 2022 / Intelkam tanggal 13 September 2022 tentang kerawanan sepak bola Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya.

Dari dua rujukan tersebut, kemudian pada poin kedua, menyarankan agar mengajukan surat permohonan kepada PT Liga Indonesia terkait permohonan perubahan jadwal pertandingan antara Arema dan Persebaya.

Dalam surat dijelaskan, jika sedianya pertandingan yang dilaksanakan pada pukul 20.00 Sabtu (1/10/202) itu dimohonkan untuk pelaksanaannya maju menjadi pukul 15.30 WIB. Hal ini lantaran faktor pertimbangan keamanan. 
Akan tetapi, fakta di lapangan pertandingan laga Derby Jatim itu tetap dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB.

Tragedi tersebut kemudian juga membuat presiden Jokowi membuat pernyataan. Prihatin dengan kasus itu, pihaknya secara khusus menginstruksikan kepada Kapolri untuk melakukan investigasi kasus tersebut.

Pihaknya juga meminta pihak terkait seperti Menpora maupun PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraanya.

"Khusus kepada Kapolri, saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," tegas Jokowi.

Pihak juga mengambil langkah tegas untuk sementara mengentikan jalannya Liga 1, sampai terdapat evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dalam penyelenggaraan pertandingan.

Sementara itu, berikut isi lengkap surat dari pihak Kepolisian yang ditujukan kepada Panpel Arema.

1

1. Rujukan :

a . Surat Panpel Arema FC Nomor : 014 / PANPEL / ARM / IX / 2022 tanggal 12 September 2022 perihal rekomendasi pertandingan dan bantuan keamanan pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya Surabaya;

b . Perkiraan Intelejen Singkat Nomor : R / KIRKAT - 110 / IX / 2022 / Intelkam tanggal 13 September 2022 tentang kerawanan sepak bola Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya.

2. Sehubungan dengan rujukan di atas, bersama ini mohon bantuannya kepada Panpel Arema FC agar mengajukan surat permohonan perubahan jadwal pertandingan sepak bola BRI Liga 1 Tahun 2022 kepada PT. Liga Indonesia terkait rencana pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 yang sedianya main pada pukul 20.00 WIB agar diajukan menjadi pada pukul 15.30 WIB dengan pertimbangan keamanan .


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya