Malangtimes

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Begini Pesan Rektor UIN Malang

Oct 02, 2022 01:29
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila UIN Malang (Ist)
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila UIN Malang (Ist)

JATIMTIMES - 1 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam upaya mempertahankan ideologi bangsa, termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang turut memperingati Hari Kesakitan Pancasila dengan upacara oleh seluruh Civitas UIN Malang. Rektor UIN Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA menjadi pembina dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu.

Dalam pesannya, Rektor asal Bojonegoro ini mengajak agar seluruh civitas UIN Malang selalu menjaga komitmen sebagai bangsa Indonesia dan selalu memegang teguh Pancasila sebagai dasar ideologi NKRI.

1

"Karena itu, perlu kita peringati perjuangan para syuhadak ini dengan cara menggelar upacara nasional dan mengamalkan pancasila sebagai dasar idelogi negara kita tercinta," tegasnya.

Pancasila sebagai dasar ideologi NKRI telah mati-matian dipertahankan oleh para syuhadak dan para pejuang rela berkorban dan syahid demi menegakkan kemerdekaan RI. 
Untuk itulah, lebih lanjut, Prof Zain sapaan akrabnya melanjutkan, para generasi bangsa harus bisa memelihara dan mempertahankan ideologi pancasila.

"Karena memelihara dan mempertahankan itu lebih berat," tuturnya.

2

Pihaknya juga menegaskan, Indonesia dengan berbagai keragaman suku, bahasa dan yang lainnya, memiliki Pancasila sebagai ideologi yang tepat. Tepat untuk saat ini, maupun untuk saat mendatang. Sebagai wujud komitmen terhadap NKRI, para generasi tentunya juga harus mengamalkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila. 

"Menjadi kewajiban bersama untuk menjaga dan mengamalkannya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru