Malangtimes

ICONIES, Konferensi Level Internasional yang Kian Mendorong Reputasi UIN Malang

Sep 30, 2022 15:22
Rektor UIN Malang, Prof Dr Zainuddin MA usia membuka ICONIES (Ist)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Zainuddin MA usia membuka ICONIES (Ist)

JATIMTIMES - Konferensi level internasional kembali diselenggarakan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Kali ini melalui Fakultas Ekonomi, menyelenggarakan International Conference Of Islamic Economics dan Business (ICONIES), (29/9/2022).

Mengusung tema, Embarcing Digitalization To Achieve Innovations in Islamic Economics and Business Perspective, helatan event bertaraf internasional ini turut mendorong dalam memantapkan reputasi UIN Maliki Malang. 

Rektor UIN Maliki Malang, Prof M Zainuddin MA menyampaikan, kegiatan semacam ini menjadi penting. Bukan hanya untuk fakultas, tetapi juga untuk universitas dalam menegaskan reputasi internasional.

Sebagai universitas Islam, UIN Malang mewujudkan pendidikan tinggi dengan memadukan ilmu pengetahuan dan Islam untuk menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya yang berdaya saing tinggi, sehingga mampu menyediakan sumber daya manusia akademik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat global.

3

"Konferensi ini memberikan kesempatan unik bagi kita semua, karena ruang lingkupnya telah menarik delegasi dari seluruh dunia. Orang-orang dengan pengetahuan luas tentang isu merangkul digitalisasi untuk mencapai inovasi dalam perspektif ekonomi dan bisnis Islam," jelasnya dalam sambutannya.

Dari tema yang diangkat, terdapat berbagai hubungan antara ekonomi, teknologi, spiritualitas dan juga sosial serta masyarakat. Dalam mengembangkan ekonomi dan bisnis syariah, pendekatan digital dapat menghadirkan berbagai inovasi yang mendukung kegiatan ekonomi dan bisnis. 

Kehadiran VUCA World Condition (volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas) akibat penyebaran Covid-19, akan menjadi titik balik penerapan teknologi secara masif sebagai bentuk alternatif percepatan pemulihan ekonomi. Ini Sejalan dengan Al-Qur'an dalam Surat Al 'Alaq, ayat 1-5.  

1

Allah telah memerintahkan manusia untuk terus belajar menguasai ilmu agar bermanfaat bagi kehidupan, hal ini berarti ilmu dalam Islam dipandang sebagai kebutuhan manusia dalam mencapai kesejahteraan hidup di dunia dan memberikan kemudahan dalam mengenal Allah. Oleh karena itu, Islam meyakini bahwa ilmu pengetahuan merupakan bagian dari pelaksanaan kewajiban manusia sebagai makhluk Allah SWT. 

Sementara itu, menurut laporan panitia pelaksana dari Dekan sekaligus perwakilan Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, Dr Misbahul Munir Lc MEi, ICONIES tahun ini merupakan yang paling terbesar dan terbanyak dalam berbagai hal, mulai dari mitra publikasi, Co-Host, Sponsorship maupun jumlah paper yang dipresentasikan. 

"Tercatat, 21 Co-Host  18 mitra publikasi baik jurnal terindek Scopus maupun Sinta. 10 sponsorship, 109 paper, 55 artikel yang submite di jurnal terakreditasi dan 54 artikel tersubmite di indeks internasional," tambahannya.

Untuk peserta hadir, terdiri dari para peneliti, praktisi, dosen maupun mahasiswa dari berbagai PTKIN dan PTKI di seluruh Indonesia maupun dari luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru