Malangtimes

Gebyar Brawijaya Qurani Nasional Banjir Peminat, Diikuti 1.623 Peserta dari 74 kampus dan 134 Sekolah se-Indonesia 

Sep 30, 2022 13:08
Opening Ceremony Gebyar Qur'ani Brawijaya Nasional IX 2022 (Foto : Pipit Anggraeni/MalangTIMES
Opening Ceremony Gebyar Qur'ani Brawijaya Nasional IX 2022 (Foto : Pipit Anggraeni/MalangTIMES

JATIMTIMES - Gebyar Brawijaya Qurani Nasional IX 2022, menjadi ajang perlombaan keagamaan yang begitu besar.  Para penghafal Alquran hingga pegiat seni Qurani berlomba menunjukkan kemampuannya pada event yang diselenggarakan UKM Seni Religi Universitas Brawijaya.

Mustofa Alfan Nur Ketua Pelaksana menyampaikan, sejauh ini, 1.623 peserta dari 74 perguruan tinggi dan 134 sekolah dari 15 provinsi telah mendaftar. Jumlah ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana peserta sekitar 1.500 orang. 

"Peserta yang paling dominan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang paling dekat. Alhamdulillah dari Malang juga banyak peserta," tutur mahasiswa Jurusan Peternakan ini.

Para peserta tersebut terdaftar dalam beberapa Kategori. Mulai dari kategori SMA/SMK sederajat, kategori mahasiswa dan kategori umum. Jenis perlombaan terdapat delapan cabang, mulai dari Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqoh Hifdzil Qur'an, Musabaqoh Syarhil Qur'an, Musabaqoh Khattil Qur'an, Musabaqoh Fahmil Quran, Musabaqoh karya tulis ilmiah, nasyid grup, dan Al banjari.

"Untuk peserta terbanyak pada Al Banjari. Jadi satu tuk ada 10 orang. Kalau cabang lain ada yang individu ada yang kelompok," jelasnya.

Ajang ini bukan hanya sekedar perlombaan semata. Tetapi, juga sekaligus menjaring bibit unggulan agar lebih terarah dan diharapkan untuk bisa masuk ke Universitas Brawijaya. 

"Jadi ini istilahnya juga pembibitan untuk siswa, mahasiswa yang berpotensi agar bisa melanjutkan bakatnya dictingkat Universitas," jelasnya.

Ajang perlombaan keagamaan yang mengusung tema "The Rise of Al-Qur'an and Islamic Culture Under The Lead of Intelektual Moeslem Youth" ini, diselanggarakan selama 4 hari, mulai 29 September 2022 hingga 2 Oktober 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru