Malangtimes

Ini Makna Pengibaran Bendera di Hari Kesaktian Pancasila

Sep 30, 2022 10:59
Gambar Pancasila sebagai simbol Pancasila (Sumber bpip.go.id)
Gambar Pancasila sebagai simbol Pancasila (Sumber bpip.go.id)

JATIMTIMES - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Peringatan itu dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. 

Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai simbol kemenangan atas aksi propaganda yang bertujuan mengubah dasar negara dari pancasila menjadi komunis, pada peristiwa G30S. 

Lahirnya Hari Kebangkitan Pancasila ini sejatinya untuk menegaskan kembali bahwa ideologi Pancasila yang dianut Indonesia tidak bisa digantikan dengan paham lainnya. 

Oleh karenanya, pada 30 September dikibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk tanda duka nasional. Kemudian dilanjutkan pada 1 Oktober dikibarkan bendera secara penuh. 

Itu sebagai simbol kemenangan "Kesaktian Pancasila" yang bisa menangkal ancaman paham komunis. 

Dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. 

Upacara tersebut bakal dilaksakana pada Sabtu, 1 Oktober 2022 di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara ini diikuti oleh seluruh pimpinan lembaga negara. 

Seperti dikutip dari Situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ada beberapa proses penetapan Hari Kebangkitan Pancasila. Pada 24 September 1966, Menteri / Panglima Angkatan Kepolisian memberikan usul agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata. 

Sebelum itu, pada 17 September 1966, aturan terkait Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober juga telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri / Panglima Angkatan Darat, ditetapkan pada 17 September 1966. 

Kemudian, Soeharto selaku Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan menerbitkan Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966 agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh orde Angkatan Bersenjata. 

Sejak saat itu, seluruh komponen pemerintahan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Diikuti dengan budaya menaikkan bendera penuh di seluruh wilayah Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru