Malangtimes

Begini Cara Legislator PKS Kota Malang Bantu Masyarakat di Tengah Kenaikan Harga BBM

Sep 30, 2022 09:18
Anggota Komisi B DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS Akhdiyat Syabril Ulum (dua dari kanan) saat membantu banner UMKM di Kota Malang. (Foto: Dok. Pribadi for JatimTIMES)
Anggota Komisi B DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS Akhdiyat Syabril Ulum (dua dari kanan) saat membantu banner UMKM di Kota Malang. (Foto: Dok. Pribadi for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sangat berdampak pada aktivitas masyarakat di segala sektor. Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang Akhdiyat Syabril Ulum memiliki program rutin tiap pekan untuk membantu masyarakat secara nyata.

Legislator DPRD Kota Malang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan bahwa program yang dilakukan rutin tiap pekan itu bernama "Jumat Berkah". Sesuai namanya, program membantu masyarakat itu dilakukan setiap hari Jumat di setiap pekan.

Pria yang maju sebagai anggota dewan dari daerah pemilihan (dapil) Kedungkandang ini menuturkan, terdapat beberapa program Jumat Berkah yang telah dilakukan dan menyentuh langsung kepada masyarakat di Kota Malang.

"Kita membantu UMKM dalam hal pemasarannya yakni dengan cetak banner gratis sesuai apa yang mereka inginkan," ujar politisi yang akrab disapa Ulum kepada JatimTIMES.com, Jumat (30/9/2022).

Cetak selebaran produk UMKM.

Selain itu, di tengah kenaikan harga BBM yang membuat kebanyakan masyarakat menjadi susah beraktivitas karena berdampak terhadap mayoritas harga barang-barang kebutuhan, Ulum juga membantu memberikan voucher BBM kepada masyarakat.

"Beberapa minggu yang lalu kita juga membuat program untuk merespons kenaikan harga BBM ini, kita mengeluarkan voucher BBM senilai Rp 10 ribu untuk masyarakat Kota Malang dan kita berikan melalui transfer," tutur Ulum.

Ia mengaku, dua program yang dalam waktu dekat ini sudah diluncurkan merupakan bentuk tindakan nyata dirinya sebagai wakil rakyat dalam membantu kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi, semua menggunakan anggaran pribadi Ulum. 

"Kami berinisiatif dari dana pribadi kami, minimal kita tidak tinggal diam," kata Ulum.

Sebelumnya, ketika minyak goreng kemasan langka dan kemudian harganya melambung tinggi beberapa waktu lalu, dirinya juga menggelar Jumat Berkah untuk membagikan minyak goreng gratis kepada masyarakat yng membutuhkan.

"Jadi kita akan mengeluarkan program ini setiap pekan dan masing-masing program tergantung situasi dan kondisi yang terkini," tutur Ulum.

Lebih lanjut, Ulum menuturkan bahwa untuk program Jumat Berkah terkait pembuatan banner untuk pemasaran UMKM serta voucher BBM senilai Rp 10 ribu sudah dimanfaatkan oleh sekitar 100 orang.

"Mudah-mudahan dalam minggu ke depan semakin banyak yang mendapatkan manfaat dari program kami," ujar Ulum.

Sementara itu, selain menggunakan anggaran pribadi untuk membantu masyarakat, pihaknya juga mendorong rekan-rekan di DPRD Kota Malang melalui Fraksi PKS untuk mengintervensi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terkait pengalokasian Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

"Jadi kita ingin agar APBD disitu ada intervensi terutama pasar untuk mengendalikan inflasi dari kenaikan harga BBM ini. Misalkan dana APBD untuk operasi pasar harus ada dan harus besar untuk masyarakat," tegas Ulum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru