Malangtimes

BPS Kota Malang Beri Pelatihan Ribuan Petugas Registrasi Sosial Ekonomi

Sep 29, 2022 19:18
Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini (tengah kenakan baju khaki) saat berfoto bersama peserta pelatihan petugas pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) (Foto: BPS Kota Malang for JatimTIMES).
Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini (tengah kenakan baju khaki) saat berfoto bersama peserta pelatihan petugas pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) (Foto: BPS Kota Malang for JatimTIMES).

JATIMTIMES - BPS Kota Malang menyelenggarakan pembukaan pelatihan petugas pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Pelatihan ini terbagi dalam tiga gelombang dengan total calon petugas sebanyak 1.342 orang dengan 18 instruktur daerah yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan di BPS Provinsi.

Pelatihan calon petugas Regsosek ini diselenggarakan di empat training center yang dilaksanakan di empat hotel di Kota Malang. Pada pelatihan gelombang pertama diikuti oleh 453 peserta, gelombang dua diikuti oleh 449 peserta, dan gelombang tiga diikuti oleh 440 peserta. 

Selama dua hari, petugas pendataan Regsosek akan menerima materi terkait konsep dan definisi yang digunakan dalam pendataan Regsosek ini. Keseragaman konsep ini diperlukan untuk menghasilkan data yang berkualitas dan dapat dibandingkan untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

Dalam pelatihan ini, calon petugas juga akan dilatih menggunakan aplikasi Wilkerstat Regsosek untuk melakukan geotagging terhadap seluruh bangunan fisik yang menjadi tempat tinggal penduduk. Tagging ini akan menunjukkan lokasi dari masing-masing lokasi tempat tinggal penduduk. 

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini berpesan kepada calon petugas agar secara sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini. Karena setiap jawaban yang dihasilkan akan menjadi dasar dalam pembangunan. 

"Calon Petugas harus tahu dan paham apa yang harus dikerjakan dalam kegiatan Regsosek 2022, terutama pendataan tanggal 15 Oktober-14 November 2022,” uajr Erny melalui keterangan tertulis yang diterima JatimTIMES, Kamis (29/9/2022).    

Kepada para Instruktur Daerah Erny juga berpesan agar dalam penyampaian materi ke calon petugas segamblang mungkin dan bagaimana mengatur waktu agar seluruh materi tersampaikan ke setiap calon petugas dalam waktu selama dua hari. 

“Kepada para instruktur daerah saya juga berpesan supaya menjaga kesehatan agar dapat memberikan pelatihan selama tiga gelombang ke depan”, pungkas Erny.

Pelatihan ini menjadi awal pendataan Regsosek. Petugas lapangan merupakan ujung tombak dalam pengumpulan data sosial ekonomi yang akurat sesuai dengan kondisi lapangan. Dalam melakukan pendataan, setiap empat orang petugas pendataan lapangan (PPL) akan diawasi satu pengawas pemeriksa lapangan (PML). 

PML ini akan bertugas mengawasi kegiatan lapangan dan memeriksa isian kuesioner yang dihasilkan oleh PPL. Memastikan kebenaran isian dan konsistensi masing-masing jawaban menjadi tugas PML agar data yang dihasilkan dapat dipertanggungajawabkan kebenarannya.

Pendataan regsosek ini akan dilakukan pada seluruh keluarga yang berada di Kota Malang tanpa kecuali. Dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat di Kota Malang sangat diharapkan untuk menghasilkan database perlindungan sosial yang terintegrasi dan dapat dibagipakaian untuk seluruh program perlindungan sosial. 

Data yang dihasilkan dalam kegiatan ini akan menjadi dasar dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan penduduk di Kota Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Setiap jawaban yang diberikan oleh masyarakat akan dijamin kerahasiaannya oleh Undang-Undang Statistik No.16 Tahun 1997. Nantikan kehadiran petugas pendataan regsosek mulai tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022 dan berikan jawaban secara lengkap dan tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru