Malangtimes

Orientasi Mahasiswa PPG Pra Jabatan Gelombang 1, Rektor Unikama Sampaikan Pesan Penting untuk Mahasiswa

Sep 29, 2022 16:21
Para peserta Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 tahun 2022 (Ist)
Para peserta Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 tahun 2022 (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruan Malang (Unikama) melaksanakan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Gelombang 1 tahun 2022, Kamis (29/9/2022). Orientasi ini diikuti 177 peserta yang terdiri dari 4 bidang studi, yakni dari Prodi PGSD, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi Pendidikan Fisika.

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi menyampaikan, dalam semester awal para mahasiswa PPG ini akan mendapatkan banyak sajian terkait mata perkuliahan. Selain itu, para mahasiswa dapat juga untuk diberikan tugas ke sekolah agar lebih familiar dengan dunia persekolahan.

1

"Nanti pada semester kedua, akan ada banyak aktivitas yang dilakukan di sekolah. Di samping mungkin ada satu mata kuliah yang tatap muka," jelasnya.

Melalui PPG ini, dijelaskan Pieter mahasiswa memiliki kompetensi, baik pedagogik, sosial, kompetensi profesional dan kepribadian. Sebagai seorang guru di era ini, haruslah mempunyai literasi, literasi pengetahuan teknologi, kemanusiaan dan yang lain. 

"Kenapa, karena guru sekarang tantangan semakin besar. Karena yang dihadapi anak-anak generasi yang lahir di era teknologi informasi. Kalau tidak melibatkan kemampuan literasi, maka saudara akan kesulitan ketika mengajar," paparnya.

Kemampuan literasi sangatlah penting. Kemampuan literasi adalah kemampuan membaca, menulis dan memecahkan masalah yang pada akhirnya digunakan untuk pengambilan keputusan. Literasi kemanusiaan juga dibutuhkan.

"Karena kita juga berinteraksi dengan sesama manusia yang memiliki latar belakang, budaya, adat istiadat, kebiasaan yang berbeda. Karena itu keputusan etis kita juga harus didasarkan pada literasi kemanusiaan," ungkapnya.

2

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr Tri Wahyudianto SPd MSi, menambahkan, mahasiswa ini telah terpilih ini dari ribuan mahasiswa dalam PPG. Mereka nantinya akan digembleng menjadi pendidik yang profesional. 

"Hari ini mulai memasuki dunia baru, kita akan bangun kompetensi secara bersama, memberikan pelayanan terbaik kepada dunia pendidikan. Harapan kami mari fokus, inovasi terus dan produktif. Ini akan menjadi bagian yang akan diwujudkan Fakultas Ilmu Pendidikan," jelasnya.

3

Sementara itu, Koordinator PPG Dr Nurul Ain MSi menambahkan, Unikama pada tahun 2022 ini dipercaya mengelola mahasiswa PPG Pra Jabatan sejumlah 177 mahasiswa. Terbagi pada Prodi PGSD 110, Prodi Pendidikan Fisika 25 mahasiswa, Pendidikan Ekonomi 21 mahasiswa dan Pendidikan Bahasa Inggris juga 21 mahasiswa.

"177 mahasiswa ini mayoritas dari Jawa Timur," jelasnya.

Dalam pemenuhan guru-guru berkualitas, dijelaskan Nurul sangat menjadi perhatian pemerintah. Melalui program ini, tentunya akan mencetak guru-guru profesional yang menjadi tauladan dan mampu mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

"Progam PPG Pra Jabatan didesain 2 semester dengan mengunakan menghubungkan pengetahuan dengan perkuliahan di kampus maupun praktek di sekolah. Didesain untuk menumbuhkan kompetensi guru profesional," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru