Malangtimes

Profil Johanis Tanak, Wakil Ketua KPK Pengganti Lili Pintauli Siregar

Sep 29, 2022 15:23
Foto Johanis Tanak saat melakukan uji kelayakan capim KPK. (sumber youtube DPR RI)
Foto Johanis Tanak saat melakukan uji kelayakan capim KPK. (sumber youtube DPR RI)

JATIMTIMES - Johanis Tanak berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam rapat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon pemimpin (capim) KPK yang digelar  Komisi III DPR RI, Rabu (28/9/2022). 

Mantan wakil kepala Kejaksaan Tinggi Riau itu menggantikan mantan Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar. Lili mengundurkan diri setelah diterpa kasus gratifikasi tiket MotoGP ke Mandalika.

Dikutip dari akun Youtube DPR RI saat live streaming, pemilihan capim KPK itu dilakukan melalui sistem voting tertutup. Johanis meraup suara terbanyak dengan jumlah 38 dari 54 suara. Sementara capim lainnya, I Nyoman Wara, mendapatkan 14 suara. 

Diketahui, uji kelayakan dan kepatutan capim KPK dilakukan secara terpisah. Nyoman terlebih dulu memaparkan visi misinya. Kemudian dilanjutkan Johanis yang melakukan pemaparan di hadapan Komisi III DPR RI. 

Johanis memiliki latar belakang sebagai jaksa yang pernah membongkar kasus korupsi gubernur Sulawesi Tengah pada 2014 lalu. 

Pada 2019, lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin itu juga sempat mengikuti seleksi capim KPK, namun tidak lolos. 

Riwayat pendidikannya, Johanis juga meraih gelar doktor Program Studi Ilmu Hukum di Universitas Airlangga pada 2019.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru