Malangtimes

Kuatkan Program SAMEP, FEB Unisma Gandeng Alumni  Siapkan Lulusan Berdaya Saing 

Sep 29, 2022 09:41
Dekan FEB Unisma Nur Diana SE kala memberikan pemaparan dalam kordinasi dengan alumni se-Indonesia melalui Program SAMEP(Ist)
Dekan FEB Unisma Nur Diana SE kala memberikan pemaparan dalam kordinasi dengan alumni se-Indonesia melalui Program SAMEP(Ist)

JATIMTIMES - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) menggandeng para alumni yang tersebar dalam berbagai perusahan, baik berskala internasional maupun nasional yang tergabung dalam program SAMEP (Student Alumni Experince Program).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan berbagai program inovatif bagi calon lulusan dan meningkatkan daya saing lulusan berskala internasional. Acara yang dikemas secara santai dalam bentuk talkshow dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan FEB Unisma dan para alumni sebagai mentor dalam program SAMEP. 

Nur Diana, Dekan FEB Unisma menyampaikan kepada para mentor SAMEP yang notabene para alumni agar berkontribusi dalam meningkatkan daya saing lulusan FEB Unisma.

"Berbagai upaya gerakan inovatif telah dilakukan oleh FEB Unisma dalam meningkatkan kualitas lulusan guna mendukung SDM Unggul di era 4.0. Kita lihat di big data alumni terkait tingkat relevansi lulusan menunjukkan peningkatan relevansi lulusan dengan dunia industri," jelas Diana. 

Lebih lanjut, dijelaskan Diana, hal tersebut tak lantas membuat puas. Pihaknya terus berupaya untuk mencari  beberapa keterbatasan-keterbatasan dalam penyiapan lulusan berdaya saing. 

"Sehingga kami butuh masukan dan upaya program inivatif agar lulusan FEB UNISMA dari waktu ke waktu menunjukkan keselarasan dengan harapan pengguna," tutur Diana.

2

Menurutnya dengan telah di-launching Program SAMEP, sudah banyak alumni yang telah sukses di berbagai perusahaan multinasional maupun nasional ikut bergabung untuk menyukseskan program tersebut.

Lebih lanjut, Diana menyampaikan agar saat menjadi mahasiswa, bergabung ke dalam organisasi. Selain itu, diharapkan untuk terus bangun jaringan dan pertemanan, mencoba hal baru, serta senantiasa mengingat tujuan awal sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan kuliah. 

"Bergabung di organisasi boleh, tetapi utamakan perkuliahan," tegasnya.

1

Diana berharap, talkshow ini selain untuk merekatkan, juga untuk meminta masukan-masukan untuk meningkatkan kualitas lulusan FEB Unisma yang semakin berdaya saing. Kemajuan dunia, tak dipungkiri juga berbarengan dengan tingkat kompetisi lulusan yang semakin ketat.

Sehingga, dikatakan Diana hanya SDM unggul yang mampu beradaptasi dan bertahan dalam persaingan di dunia usaha dan dunia kerja. 

Pelaksanaan talkshow ini banyak memberikan sumbangsih berupa sharing pengalaman alumni, kebutuhan dunia bisnis akan kompetensi sumberdaya manusia yang dibutuhkan, memberikan ide-ide kreatif serta masukan yang sangat berharga dan bermanfaat untuk penguatan jejaring alumni FEB Unisma.

Di antaranya untuk peningkatan kualitas big data alumni, pemetaan potensi alumni yang ada diberbagai perusahaan multinasional di tiap daerah serta peningkatan sinergi antar alumni dan alumni dengan almamater dalam rangka tindak lanjut kerja sama nyata alumni dengan FEB Unisma melalui program SAMEP. 

3

Dengan terselenggaranya talkshow ini diharapkan ke depan terjalin sinergi yang lebih erat antar alumni serta alumni dengan almamater serta terwujudnya suatu langkah nyata sebagai perwujudan kerja sama yang erat antara alumni dengan almamater Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

"Melalui sharing pengalaman alumni yang telah sukses di berbagai perusahaan multinasional kami berharap untuk ditularkan kepada adik-adik calon lulusan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru