Malangtimes

Mengenal Lebih Jauh Sang Pelopor Mie Instan, Ternyata dari Jepang

Sep 29, 2022 06:16
Momofoku Ando penemu mie instan pertama di dunia (foto dari internet)
Momofoku Ando penemu mie instan pertama di dunia (foto dari internet)

JATIMTIMES - Momofoku Ando adalah orang pertama yang mempelopori produk mie instan di dunia.

Momofoku Ando mendapatkan ide tersebut saat Jepang mengalami krisis dan banyaknya pasokan terigu di Amerika. 

Momofoku Ando juga merupakan pendiri salah satu perusahaan yang hingga saat ini masih terkenal yaitu 'Nissin Foods'.

Penemuan mie instan tersebut dilatar belakangi oleh krisis yang terjadi di perang dunia II. Pada saat itu banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan dan beberapa negara mengalami krisis.

Pada kesempatan itu, Momofoku mulai merintis bisnis mie instan. Atas hal yang ia lakukan itu, ia dipanggil oleh Pertanian Jepang, 10 tahun setelah perang Dunia II berakhir.

Ayam merupakan rasa pertama yang Momofoku pilih untuk produk mienya. Hal itu dikutip dari otobiografinya tahun 2002 yang berjudul 'How I Invented Magic Noodles'.

Di sanalah Momofoku menulis bahwa dirinya memilih 'ayam' untuk rasa pertama mie instannya. Alasan ia memilih ayam sebagai rasa pertamanya, lantaran konsumsi ayam tidak ada larangan di agama mana pun.

Selain tidak ada larangan, ayam juga merupakan bahan makanan yang sangat diminati oleh semua kalangan.

Momofoku meninggal pada usia 96 tahun akibat gagal jantung. Ia meninggal di Osaka Jepang pada Januari 2007.

Momofoku membagikan rahasia panjang umurnya. Menurut Momofoku salah satu rahasia umur panjangnya adalah karena ia memakan chiken ramen hampir setiap hari.

Saat wafat, Momofoku meninggalkan istri yang bernama Masako dan dua anak, yaitu satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

Nah itu sang pelopor mie instan pertama Momofoku Ando. Jasanya luar biasa hingga kini kita bisa menikmati mie instan dengan nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru