Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Nelayan Sendang Biru Berharap ICS Pondokdadap Bisa Segera Difungsikan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Lazuardi Firdaus

28 - Sep - 2022, 19:56

ICS Pondokdadap di Sendang Biru Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. (Foto: Istimewa).
ICS Pondokdadap di Sendang Biru Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Nelayan di sekitar perairan Sendang Biru berharap agar Integrated Cold Storage (ICS) Pondokdadap bisa segera difungsikan. Sebab sejak dibangun pada tahun 2018 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, ICS Pondokdadap belum difungsikan hingga saat ini.

"Ya sebenarnya kalau belum difungsikan ya kurang cocok, kan sayang," ujar Kepala Desa Tambakrejo, Yonatan Saptus. 

Dari informasi yang diterima media ini, beredar kabar bahwa awalnya, belum difungsikannya ICS tersebut karena biaya sewa yang dinilai terlalu mahal. Apalagi, kondisi tersebut diperparah kondisi mesin yang disinyalir menjadi rusak akibat tak segera difungsikan. 

"Karena sudah lama ndak difungsikan, akhirnya mesin-mesin rusak. Sepertinya kemarin mau ada yang nyewa, tapi kondisinya cold storage seperti itu jadi mundur (tidak jadi menyewa)," terang Yonatan. 

Saat ini, di wilayah Kabupaten Malang, hanya terdapat satu unit Cold Storage yang bisa digunakan. Yakni terletak di Desa Tawangrejeni Kecamatan Turen. Dengan kapasitas 100 ton. Menurut Yonatan, kapasitas tersebut terbilang cukup kecil. 

"Yang berfungsi jadi cuma Turen. Tapi ndak terlalu besar," imbuh Yonatan. 

Dirinya juga tidak mengetahui secara pasti apa penyebab ICS Pondokdadap itu hingga kini tak kunjung difungsikan. Sebab menurutnya, untuk ketersediaan aliran listrik, menurutnya juga terbilang sudah besar dan diperkirakan mampu. 

"Kurang tau apa kendalanya, apa terlalu tinggi harga sewanya juga tidak tahu. Listrik di sini sudah besar. Kemarin rencana mau dioperasikan, tapi gak berani karena terlalu besar biaya sewanya dan perbaikannya," jelasnya. 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Lazuardi Firdaus