Malangtimes

Membanggakan, Mahasiswa UIN Malang Torehkan Prestasi Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub Tingkat Nasional

Sep 28, 2022 19:22
Sertifikat penghargaan yang diraih Nur Muhammad Taqiyuddin, mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Ist)
Sertifikat penghargaan yang diraih Nur Muhammad Taqiyuddin, mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang namanya semakin harum di kancah nasional. Hal ini setelah mahasiswa Fakultas Humaniora menyabet juara dalam Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub dalam Festival Bahasa Arab Nasional 2022. 

Nur Muhammad Taqiyuddin, mahasiswa semester lima Program Studi Bahasa dan Sastra Arab ini meraih juara ke 3 dalam ajang yang digelar oleh UKM Ittaqo IAIN Salatiga, pada beberapa waktu lalu.

Dalam perlombaan berskala nasional yang mengusung tema "Eksplorasi Skill Bahasa Arab Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Intelektual di Era Revolusi Industri" ini, Taqiyuddin mampu menyisihkan ratusan peserta lainnya dari berbagai perguruan tinggi. 

1

Perlombaan dilaksanakan secara daring. Seluruh peserta lomba medapatkan kesempatan untuk menampilkan kebolehannya melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam perlombaan itu, penilaian dilakukan pada aspek  qiroatun naas atau kejelasan dalam membaca, aspek tarjamatun naas, aspek qowaid, serta aspek i'rab kata demi kata. 

Selain itu, juga dilakukan sesi tanya jawab mengenai nahwu sorof dan fiqh. Hal ini juga menjadi pertimbangan dewan juri dalam memberikan penilaian kepada peserta.

Taqi, panggilan akrab Taqiyuddin menjelaskan, dalam perlombaan pihaknya sempat mengalami kendala teknis, yakni kendala sinyal. Namun hal tersebut tak lantas menyurutkan semangatnya untuk mengikuti perlombaan. 

"Sempat mengalami gangguan sinyal HP saya, namun syukur bisa teratasi," tuturnya.

Setelah para peserta menunjukkan kebolehannya, dilanjutkan pengumuman pemenang diumumkan secara daring pada 5 September 2022. Dalam pengumuman, Taqi kemudian diumumkan menjadi juara ke 3. 

Capaian ini kian menjadi motivasi bagi Taqi untuk lebih istiqamah dalam menelaah dan mengkaji kitab.
Ia pun juga bersyukur telah mendapatkan kesempatan dan pengalaman mengikuti kompetisi dalam even perlombaan berskala nasional.

"Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur bisa ikut lomba ini. Kerjakeras terbayarkan dengan pengalaman yang bermanfaat ini. Ini semakin membuat saya termotivasi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru