Malangtimes

Wali Kota Malang Sutiaji Lantik Pejabat Tinggi Pemimpin 9 OPD, Sisakan Dispendukcapil

Sep 28, 2022 11:34
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat yang dilantik untuk mengisi 9 otganisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (28/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat yang dilantik untuk mengisi 9 otganisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (28/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kekosongan 9 dari 10 kursi jabatan pimpinan tinggi (JPT) di Pemkot Malang sudah diisi pejabat definitif. Hari ini (Rabu 28 September 2022) Wali Kota Malang Sutiaji melantik pejabat setingkat kepala dinas atau kepala badan itu setelah sebelumnya para pejabat itu mengikuti seleksi terbuka.

Ada  10 OPD (organisasi perangkat daerah)! Kota Malang yang dibuka seleksi oleh pansel untuk mengisi posisi JPT. Ke-10 OPD itu adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispussipda); Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan); Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar); dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Kemudian, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag); Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP); Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP); Dinas Lingkungan Hidup (DLH); serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Namun, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi JPT pratama yang digelar di ruang sidang Balai Kota Malang, hanya sembilan pimpinan OPD yang dilantik. Satu pimpinan OPD yang belum dilantik yakni Dispendukcapil.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, penyebab pimpinan  Dispendukcapil belum dilantik dikarenakan para pendaftar harus melalui tahapan tes di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tes Kemendagri diperkirakan akan berlangsung pada 5 Oktober 2022 mendatang.

"Satu (OPD) masih ada tes tanggal 5 di kementerian, yakni Dispendukcapil. Nanti di Kementerian Dalam Negeri," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Rabu (28/9/2022).

Deretan pejabat Pemkot Malang yang dilantik.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini berharap  para pimpinan JPT pratama yang telah dilantik agar dapat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta melakukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

Selain itu, Sutiaji  menuturkan  bahwa  rekrutmen para pimpinan JPT pratama yang  dilantik sudah melalui proses yang ada. Mulai dari skoring atau penilaian asesmen oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Jawa Timur, wawancara dengan panitia seleksi (pansel), serta tahapan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Mudah-mudahan sesuai ekspektasi. Saya juga sudah tekankan (untuk pejabat yang dilantik) dengan teman-teman media agar ngomong yang baik karena pada dasarnya teman-teman media membantu kita," ungkap Sutiaji.

Berikut deretan pejabat definitif untuk sembilan OPD di Kota Malang:

1. Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Prayitno, sebelumnya camat Kedungkandang
2. Kepala Dispussipda Kota Malang Yayuk Hermiati, sebelumnya kabag perekonomian, infrastruktur, dan SDA Sekretariat Daerah Kota Malang 
3. Kepala Dispangtan Kota Malang Slamet Husnan Hariadi, sebelumnya sekretaris Diskopindag Kota Malang
4. Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi, sebelumnya sekretaris Inspektorat Daerah Kota Malang
5. Kepala Dishub Kota Malang R Widjaja Saleh Putra, sebelumnya kabag layanan pengadaan barang/jasa Sekretariat Daerah Kota Malang 
6. Kepala Diskopindag Kota Malang Eko Sri Yuliadi, sebelumnya sekretaris Dishub Kota Malang
7. Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Arif Tri Sastyawan, sebelumnya kabag umum Sekretariat Daerah Kota Malang
8. Kepala DPUPRPKP Kota Malang R. Dandung Djulharjanto, sebelumnya sekretaris DPUPRPKP Kota Malang
9. Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya, sebelumnya sekretaris Bakesbangpol Kota Malang

Khusus untuk Dispendukcapil Kota Malang, terdapat dua nama dengan perolehan nilai terbaik setelah dilakukan seleksi oleh pansel terbuka pimpinan JPT pratama di Pemkot Malang. Yakni Dahliana Lusi Ratnasari yang saat ini sebagai sekretaris Dispendukcapil Kota Malang dan Moh. Sulthon yang  saat ini sebagai sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru