Malangtimes

Pendaftaran Panwascam di Kota Batu Resmi Ditutup, 54 Calon Berebut 9 Kursi

Sep 27, 2022 20:12
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman saat melakukan sosialisasi di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman saat melakukan sosialisasi di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pendaftaran calon panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam)telah resmi ditutup Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batu, Selasa (27/9/2022). Hingga pendaftaran ini ditutup, ada 54 warga Kota Batu yang mendaftarkan diri.

“Bawaslu Kota Batu secara resmi menutup pendaftaran calon Panwascam karena jumlah pendaftar telah memenuhi kuota,” ucap Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 314lHK.O1.OOlK1l09l2022 tanggal 9 September 2022 tentang pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dalam Pemilu Serentak 2024 dengan jumlah pendaftar Se-Kota Batu sebanyak 54 orang.

Dengan rincian pendaftar Panwascam terbanyak di Kecamatan Batu sebanyak 20 orang. Disusul pendaftar Panwascam Junrejo sebanyak 19 orang, dan terendah ada di Kecamatan Bumiaji sebanyak 15 Orang.

Selanjutnya Bawaslu Kota Batu akan melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota panwascam pada 28 sampai 30 September 2022 mendatang. Dan akan diumumkan pada 12 Oktober 2022 mendatang.

“Nanti akan akan kami umumkan melalui website resmi dan seluruh akun media sosial Bawaslu Kota Batu,” tambah Rochman.

Sebelumnya Bawaslu Kota Batu membuka pendaftaran sejak 21-27 September 2022. Nantinya Bawaslu Kota akan mencari sembilan anggota Panwascam. Masing-masing kecamatan ada tiga orang.

Sembilan anggota Panwascam tersebut akan ditempatkan pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji.

Komposisi keanggotaan Panwascam memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen. “Berarti dua orang laki-laki dan satu orang perempuan,” tutup Rochman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru