Malangtimes

Lewat Bedah Kamar Lansia Karang Taruna, Kakek Tua Ini Kini Tak Lagi Tidur Bersama Ayam

Sep 27, 2022 17:28
Martakim bersama Camat Junrejo Dian Saraswati saat berada di kamarnya usai dibedah. (Foto: Istimewa)
Martakim bersama Camat Junrejo Dian Saraswati saat berada di kamarnya usai dibedah. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES- Melihat keprihatinan para lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Junrejo, Karang Taruna Kecamatan Junrejo tergerak hatinya untuk melakukan aksi sosialnya dalam rangka memperingati bulan bakti karang taruna yang ke 62 tahun. Aksi sosial yang dilakukan yakni Bedah Kamar Lansia.

“Untuk saat ini baru 1 kamar lansia yang sudah mulai dibedah dari rencananya 6 kamar, untuk mengawali sudah di Desa Beji,” ucap Ketua Karang Taruna Kecamatan Junrejo, Frananta Riski Agrida, Selasa (27/9/2022).

Kamar lansia yang bedah itu bernama Martakim (80), setiap harinya harus tidur bersama ayam dalam satu kamar tersebut. Terkadang Martakim pun memilih tidur di teras.

Karena merasa iba dan telah dilakukan survei Karang Taruna bersama pemerintah desa, kamar Martakim dibedah lebih layak. Ayam-ayam yang sebelumnya tidur bersama Martakim, kini telah dibuatkan kandang tersendiri oleh anggota Karang Taruna Kecamatan Junrejo.

“Sebelumnya pak Martakim ini tidur bersama ayam, tapi sekarang bersama teman-teman Karang Taruna dibuatkan kandang ayam,” imbuh Riski.

Kini di sisa hidupnya Martakim bisa tidur di kamar yang lebih nyaman. Sebab Karang Taruna Kecamatan Junrejo menyulap kamarnya dengan membersihkan dan memberikan beberapa perabotan.

Martakim bersama Camat Junrejo Dian Saraswati saat berada di kamarnya usai dibedah. (Foto: Istimewa)

“Di dalam kamar kami isi selayaknya kamar tidur, ada kasur springbed lengkap dengan bantal dan guling juga sprey, lemari pakaian,” ujar Riski yang juga warga Desa Beji.

Untuk mensukseskan program tersebut, Karang Taruna Kecamatan Junrejo mendapatkan anggaran dari donatur khususnya pengusahan di  Kecamatan Junrejo. Selanjutnya masih ada 5 kamar lansia lagi yang bakal dibedah di desa/kelurahan Kecamatan Junrejo.

Menurut Riski, alasan Karang Taruna memilih melakukan bedah kamar lansia, setelah dilakukan survey masih didapati permasalahan terkait kenyamanan para lansia khususnya kelayakan kamar tidur, dan banyak permasalahan lainnya.

“Setelah melakukan survey dan pendataan di pemerintahan desa ternyata lansia ini mengalami berbagai permasalahan, hingga akhirnya mengerucut membedah kamar lansia,” terang Riski.

Selain di Desa Beji, didapati kamar lansia di tempat lain memiliki kasur yang sudah tidak layak lagi untuk dibuatnya beristirahat. Seperti kasur kapuk yang sudah usang, ditambah adanya hewan cukup mengganggu lansia nantinya.

Terpisah Camat Junrejo Dian Saraswati menambahkan, bedah kamar lansia dihadirkan dari Karang Taruna Kecamatan Junrejo dan pertama kalinya hadir khususnya di Kecamatan Junrejo dan Kota Batu.

“Sejauh ini memang belum ada program bedah kamar lansia, kalau program dari pemerintah bedah rumah. Program ini sesuai dengan salamnya kesetiakawanan sosial,” kata Dian.

Program bedah kamar lansia memang layak harus dilakukan melihat masih banyak kamar-kamar lansia yang dirasa memprihatinkan di masing-masing desa/kelurahan. “Semoga ke depan program ini bisa terus dijalankan,” harap Dian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru