Malangtimes

Seorang ODGJ di Pujon Meninggal saat Insiden Kebakaran

Sep 27, 2022 13:41
Petugas Damkar Kabupaten Malang saat melakukan upaya pemadaman kebakaran di Kecamatan Pujon yang menyebabkan satu orang korban meninggal dunia. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Petugas Damkar Kabupaten Malang saat melakukan upaya pemadaman kebakaran di Kecamatan Pujon yang menyebabkan satu orang korban meninggal dunia. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Kejadian naas menimpa Nukiyan, warga Dusun Krajan, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Pria yang dikabarkan mengalami gangguan jiwa atau orang dalam gangguan jiwa tersebut meninggal dunia saat terjadi insiden kebakaran rumah, Selasa (27/9/2022).

"Berdasarkan keterangan dari keluarganya, di rumah yang mengalami kebakaran itu, memang ada yang mengalami ODGJ. Jadi, di rumah itu ada salah satu penghuni rumah yang mengalami ODGJ dan meninggal saat kebakaran terjadi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, Goly Karyanto.

Nukiyan ditemukan sudah meninggal dunia di lokasi kebakaran saat petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang tiba di lokasi kejadian.

"Mohon maaf, namanya juga ODGJ, jadi pas kebakaran terjadi, semua penghuni rumah panik. Tapi dia (korban) tetap di dalam rumah. Waktu anggota kami (Damkar Kabupaten Malang) tiba di lokasi kebakaran, korban sudah ditemukan meninggal dunia," ungkapnya.

Pihak keluarga akhirnya langsung menjalankan prosesi pemakaman terhadap pria 65 tahun tersebut. "Kondisi korban meninggal di TKP (tempat kejadian perkara) dan langsung disalatkan saat itu juga," imbuhnya.

Sementara, nsiden kebakaran yang terjadi di tempat tinggal Suwoto, warga Dusun Krajan, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, itu terjadi pada Selasa (27/9/2022) pagi. Tepatnya  pukul 08.30 WIB.

"Dari hasil pendalaman sementara, indikasi sumber api diduga berasal dari kompor tradisional atau kalau orang Malang menyebutnya pawonan," ungkap Goly.

Di sisi lain, Damkar Kabupaten Malang yang mendapat laporan langsung mengerahkan beberapa personel dan armada mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. "Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran yang kami terjunkan ke lokasi kejadian," timpal Goly.

Tercatat, petugas gabungan dari Damkar Kabupaten Malang, Polsek Pujon, perangkat desa, babinsa, Damkar Kota Batu, PSC Kota Batu, Klkasi trantib Kecamatan Pujon, dan warga sekitar dikerahkan guna memadamkan kebakaran yang menelan satu korban jiwa tersebut. "Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar 2 jam kemudian," imbuh Goly.

Selain menyebabkan satu orang meninggal dunia, insiden kebakaran ini juga menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai puluhan juta. "Sementara ini kami menyimpulkan kerugian akibat kejadian kebakaran ditaksir menyebabkan kerugian materi hingga kurang lebih Rp 60 juta," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru