Malangtimes

5 Tradisi Perayaan Maulid Nabi yang Masih Dilestarikan di Pulau Jawa

Sep 27, 2022 12:01
Screenshoot perayaan Maulid Nabi yang diunggah oleh akun instagram @indozonefyi
Screenshoot perayaan Maulid Nabi yang diunggah oleh akun instagram @indozonefyi

JATIMTIMES - Tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi perayaan Maulid Nabi yang berbeda-beda. Tahun ini, perayaan Maulid Nabi 2022, jatuh pada Sabtu (8/10/2022). 

Hingga saat ini, ada lima tradisi yang terus dipertahankan oleh masyarakat di Pulau Jawa. Berikut rangkumannya dilansir dari laman nu.or.id. 

1. Grebeg Mulud 
Perayaan Maulid Nabi ini rutin dirayakan oleh masyarakat di Solo dan Yogyakarta. Di Yogyakarta, acara grebeg maulid ini biasanya diisi dengan Festival Sekaten. 

Festival tersebut dimeriahkan dengan adanya pasar malam. Bahkan selama 40 hari terdapat beberapa acara untuk memeriahkan Perayaan Maulid Nabi. 

2. Keresan  
Perayaan Maulid Nabi di Mojokerto dinamakan Keresan. Tadisi ini dilakukan oleh masyarakat Mojokerto dengan berebut buah, sayur, sandal, sepatu, kopyah, baju dan barang lainnya yang digantungkan di pohon keres. 

3. Ngarak Panjang Mulud
Tradisi Perayaan Maulid Nabi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Banten, Jawa Barat. Panjang mulud adalah benda yang dihias dan diberi isi lalu dipertontonkan melalui arak-arakan. Contoh benda yang biasanya dihias seperti miniatur kapal, masjid, ka'bah, unta dan menara. 

4. Ngalungsur Pusaka 
Tradisi Perayaan Maulid Nabi ini biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Prabu Kean Santang atau Syech Sunan Rochmat. 

5. Panjang Jimat 
Tradisi Perayaan Maulid ini biasanya dilaksanakan di Cirebon, Jawa Barat. Dalam prosesinya, tradisi ini diawali dengan serangkaian pencucian alat makan. Seperti piring, sendok, guci hingga senjata kuno. Kemudian selanjutnya ada barisan orang yang mengarak nasi tujuh rupa. 

Demikian lima tradisi Maulid Nabi yang masih dilestarikan di Pulau Jawa. Bagaimana dengan tradisi di wilayah kalian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru