Malangtimes

Pemkot Malang Siapkan Anggaran Rp 400 Juta untuk Dua Kompetisi Bulu Tangkis Internasional

Sep 27, 2022 08:36
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di GOR Ken Arok usai menghadiri puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Jawa Timur Tahun 2022, Jumat (23/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di GOR Ken Arok usai menghadiri puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Jawa Timur Tahun 2022, Jumat (23/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk pelaksanaan kegiatan dua kompetisi bulu tangkis Internasional yang bakal digelar pada Bulan Oktober 2022 mendatang di Kota Malang. 

Dua kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional tersebut yakni Indonesia International Challenge pada 11-16 Oktober 2022 dan Indonesia Masters Super 100 pada 18-23 Oktober 2022. Kedua kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional tersebut bakal diikuti para pemain bulu tangkis dari 16 negara di dunia. 

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, bahwa anggaran Rp 400 juta telah disiapkan dan masuk dalam pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2022 pada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang ini menuturkan, bahwa anggaran sebesar Rp 400 juta nanti dipersiapkan untuk penyewaan lapangan serta tribun pada dua kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional. 

Sutiaji mengatakan, bahwa dengan digelarnya dua kegiatan kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional maka akan dapat menguatkan sport tourism atau wisata olahraga di Kota Malang sesuai arahan dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. 

"Sport tourism artinya kan olahraga menjadi pengungkit wisatawan untuk datang ke Malang. Gelaran Indonesia Master dan Challenge akan digelar yang menghadirkan 16 negara. Artinya Kota Malang memang menarik, didukung Kabupaten Malang dan Kota Batu," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, bahwa pada akhir Bulan Agustus 2022 lalu, Pemkot Malang telah berkoordinasi dengan jajaran pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di tingkat pusat, Provinsi Jatim dan Kota Malang untuk persiapan dua kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional.

"PBSI pusat dan provinsi menunjuk Kota Malang sebagai tuan rumah maka ada sharing disitu. Pak Wali sudah membantu sewa lapangan dan tribun. Nilainya kurang lebih Rp 400 juta," ujar perempuan yang akrab disapa Dayu. 

Nantinya, dengan digelarnya dua kompetisi bulu tangkis bertaraf Internasional, pihaknya berharap hal ini dapat mendongkrak jumlah wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk datang ke Kota Malang. 

Sehingga hal itu juga berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian masyarakat. Terlebih lagi untuk wisatawan luar negeri nantinya bakal mengenalkan dan mempromosikan apa yang ada di Kota Malang ke negara asalnya. 

"Sport tourism di Malang ini sesuai dengan apa yang ada dalam renja terlaksana sesuai dengan target. Kemudian kunjungan wisatawan meningkat, di triwulan ketiga sudah mencapai 5,8 Juta wisatawan dari target 1,9 juta wisatawan," pungkas Dayu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru