Malangtimes

Genjot Prestasi Atlet, Wali Kota Malang Rencana Kolaborasi dengan Kampus untuk Pembinaan

Sep 26, 2022 15:12
Wali Kota Malang Sutiaji memberikan arahan dalam apel pagi di Halaman Balai Kota Malang, Senin (26/9/2022).(Foto: Istimewa).
Wali Kota Malang Sutiaji memberikan arahan dalam apel pagi di Halaman Balai Kota Malang, Senin (26/9/2022).(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji berencana untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam pembinaan atlet. Hal tersebut tidak lain agar prestasi yang diraih atlet Kota Malang bisa semakin bersinar di berbagai kancah olahraga. 

Menurut Sutiaji,  pembinaan atlet juga tidak bisa lepas dari support anggaran yang diberikan. Bukan hanya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun juga bisa dikolaborasikan dengan pihak lain. 

Salah satu pihak yang kemungkinan bakal dilirik adalah perguruan tinggi (PT) di Kota Malang. Terutama yang memang memiliki fakultas di bidang ilmu keolahragaan. 

"Caranya kolaborasi. Ini kan ada dua perguruan tinggi yang mempunyai fakultas olahraga. Itu saya kira pembinaannya (atlet) menggunakan CSR (corporate social responsibility). Saya sodorkan, kan mungkin bisa," ujar Sutiaji, Senin (26/9/2022) pagi.

Terlebih, hal tersebut bisa saja masuk dalam skema yang direncanakan. Sehingga, bisa dipetakan mana yang diprogram melalui APBD, dana hibah dan dengan program yang telah dikolaborasikan.

"Jadi, bisa by design, secara matang. Mana yang dari APBD, mana yang hibah dan mana itu yang dikolaborasikan," imbuh Sutiaji. 

Selain itu, cara lain yang akan dilakukan yakni dengan menginventarisasi  siswa-siswa di Kota Malang yang memang tercatat sudah berprestasi di bidang olahraga.  Untuk selanjutnya, dilakukan pembinaan lebih intensif. 

"Yang kedua, kita juga punya sekolah-sekolah yang notabene sudah bisa diukur. Kita pakai jalur prestasi kan ada. Itu yang akan kita inventarisasi. Sehingga masuk pada pembobotan dan pembibitan dan masuk pada cabor yang sesuai," jelas Sutiaji. 

Sebagai informasi, dalam ajang Porprov VII Jatim lalu, kontingen Kota Malang berhasil menggondol 209 medali pada  36 cabang olahraga (cabor) dari sebanyak 44 cabor yang diturunkan. Rincian medali yang diperoleh yakni 70 medali emas, 67 perak dan 72 perunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru