Malangtimes

Kriteria Pendamping Puan Maharani Jika Maju Capres 2024

Sep 25, 2022 20:10
Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.(Foto: Istimewa).
Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Puan Maharani menjelaskan kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang akan menjadi pasangannya jika dia jadi maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024 mendatang. 

Putri Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ini mengatakan bahwa yang paling utama, cawapres yang akan mendampinginya nanti adalah yang memiliki kesamaan cita-cita. Selain itu juga memiliki visi misi yang sama untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Ya namanya juga mau 'menikah'. Kalau mau cari pasangan, semua calon pasti cari pasangan yang cocok dengan visi misi sama, cita-cita sama, dan bagaimana visi misi dan cita-cita yang sama itu bisa untuk kesejahteraan rakyat," ujar Puan dikutip dari kompas.com.

Terlebih, Puan tidak ingin jika nantinya di tengah jalan ia pecah kongsi dengan cawapres yang mendampinginya. Sebab, dirinya ingin bekerja sama selama 5 tahun dengan pasangannya itu jika nanti ia berkesempatan menjadi presiden. 

"Paling tidak 5 tahun kita bisa kerja sama untuk rakyat dengan visi dan cita-cita yang sama," imbuh Puan.

Bahkan, dirinya juga mengaku sudah membidik sosok yang akan mendampinginya sebagau cawapres selama menjalani safari politik. Diketahui, sejauh ini Puan telah mengunjungi sejumlah partai politik sesuai arahan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Ya iya dong. Masa jalan ke mana-mana enggak punya calon, ada yang diincar lah," kata Puan.

Sementata itu sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum memutuskan secara resmi siapa yang akan diusung sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Meskipun, saat ini sudah ada nama tokoh PDI Perjuangan yang banyak dikabarkan akan maju dalam Pilpres. 

Misalnya adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri pun juga meminta seluruh jajarannya agar tetap bersabar dan tetap menunggu waktu yang tepat untuk mengumunkan hal tersebut. 

"Tadi Ibu Megawati menegaskan urusan capres dan cawapres, ya semua sabar saja, ada waktunya nanti untuk diumumkan," ujar Hasto. 

Bukan berarti harus berdiam sembari menunggu pengumuman, Hasto mengatakan, semua kader diminta untuk terus melakukan konsolidasi. Sebab tiga pilar partai harus terus menerus berada di tengah rakyat dan tidak perlu ikut berdansa politik. 

Terlebih menurutnya, kerja bersama di dalam mengatasi sistuasi yang saat ini dinilai penuh tantangan menjadi hal yang jauh lebih penting. Sekaligus menciptakan segala hal yang kondusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru