Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

5 Tradisi Mencari Jodoh Paling Aneh di Dunia

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - Sep - 2022, 07:01

5 tradisi mencari jodoh yang unik dari berbagai penjuru dunia (foto dari internet)
5 tradisi mencari jodoh yang unik dari berbagai penjuru dunia (foto dari internet)

JATIMTIMES - Mencar jodoh biasanya melalui pendekatan atau PDKT. Biasanya PDKT  dilakukan bersama orang yang memang kita kenal dan kita sukai.

Namun, ada  beberapa tradisi pencarian jodoh yang dilakukan secara unik dan seperti melenceng dari akal sehat.

Dikutip dari Instagram @toplist.id, ada 5 tradisi mencari jodoh yang aneh dan unik. Penasaran seperti apa tradisinya?

Bomena

Bomena

Pencarian jodoh bomena terjadi di Bhutan, negara di kaki Gunung Himalaya. Di sana  orang tua mengizinkan putrinya untuk bermalam dengan pria. Jika pria itu masih di dalam sampai pagi, maka mereka segera dinikahkan. Tapi jika pria menyelinap pergi sebelum pagi, maka keluarga gadis akan menyalahkan keluarga pria.

Bilik Cinta

Bilik cinta

Dari Kamboja, ada tradisi pencarian jodoh lewat bilik cinta. Dalam tradisi ini, seorang ayah akan mendirikan sebuah bilik untuk anak gadisnya. Bilik itu merupakan tempat sang gadis dengan seorang pria. Mereka diizinkam untuk bermalam di sana. Tujuannya supaya sang gadis bisa memperoleh suami yang sempurna.

Pasar Pengantin

Pasar pengantin

Bulgaria punya tradisi mencari jodoh bernama pasar pengantin. Dalam tradisi ini, seorang wanita yang masih jomblo akan berdandan dan dibawa ke pasar untuk "dijual”. Adapun tarif yang dikenakan sekitar Rp 15 juta. Biasanya si pria akan ditemani oleh ibunya untuk memilih wanita yang pas.

Menculik Wanita

Menculik wanita

Dari Kyrgyzstan, seorang pria akan menculik wanita idamannya untuk dibawa ke rumahnya. Biasanya, pria itu akan dibantu oleh temannya. Setelah diculik, keluarga si pria akan meyakinkan wanita tersebut. Apabila tidak mau, si perempuan akan tetap dipaksa.

Kontes Ketampanan

Kontes ketampanan

Adat ini berada di Suku Dhabi, Afrika. Di sini seorang pria akan berdandan dan mengikuti kontes ketampanan. Pemenang  kontes ini berhak memilih wanita yang ia inginkan. Bahkan, ia juga bisa memilih wanita yang sudah memiliki suami. 


Topik

Serba-Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni