Malangtimes

Diambang Kepunahan, 2 Telur Kakatua Jambul Kuning Menetas di Pulau Masakambing

Sep 24, 2022 17:34
Burung Kakatua Jambul Kuning (Wikipedia)
Burung Kakatua Jambul Kuning (Wikipedia)

JATIMTIMES - Kakatua Jambul Kuning menjadi satwa yang berada diambang kepunahan. Akan tetapi, kabar menggembirakan jumlahnya kini kian bertambah dengan menetasnya dua telur. Habitat terakhir Kakatua Jambul Kuning ini hidup di kawasan ekosistem esensial di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi menyampaikan, sebelumnya jumlah Kakatua Jambul Kuning yang ada di Pulau Masakambing berjumlah 25 periode 2021. Namun saat ini, dengan menetasnya dua telur, jumlah Kakatua Jambul Kuning yang ada di Pulau Masakambing berjumlah 27 ekor.

"Dalam perjalanan ada telur yang dilaporkan ke saya dua menetas semua," jelasnya saat diwawancarai JatimTIMES di kampus Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu.

1

Meski begitu, jumlah ini menurut Jumadi harus tetap mendapatkan cover penuh dalam perlindungan maupun peningkatan jumlahnya. Sebab, habitat Kakatua Jambul Kuning berdampingan dengan masyarakat setempat. 

"Kadang (Kakatua Jambul Kuning) ngambil jagung, kemudian oleh petani diusur, diuber-uber (dikejar). Padahal itu binatang yang sangat perlu dilindungi," ungkapnya. 

Untuk itulah, dalam upaya perlindungan pemerintah, Pulau Masakambing kemudian ditetapkan menjadi kawasan ekosistem esensial. Artinya, kawasan tersebut dilindungi oleh masyarakat dan pihak terkait yang melindungi habitat tertentu dan yang perlu dilestarikan.

Penetapan Pulau Masakambing menjadi kawasan ekosistem esensial, ditetapkan pemerintah Provinsi Jatim pada 2022 melalui SK Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Nomor 188/166/KPTS/013/2020. Kemudian, ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Nomor 188/120/KPTS/013/2021 tentang Pengelola KEE Pulau Masakambing.

Sementara itu, untuk diketahui, Kakatua Jambul Kuning sendiri merupakan jenis burung dari keluarga burung Kakatua. Burung dengan nama latin Cacatua sulphurea abbotti ini, memiliki ciri bulu putih. Pada kepalanya terdapat jambul dengan warna kuning yang dapat ditegakkan. Burung ini memiliki paruh hitam dengan mata berwarna kebiru-biruan dan kaki berwarna abu-abu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru