Malangtimes

UIN Maliki Malang Serius Kembangkan Kerjasama Berbasis Pesantren

Sep 24, 2022 16:52
FGD dan MoU UIN Maliki Malang dengan IAI DALWA beberapa waktu lalu (Ist)
FGD dan MoU UIN Maliki Malang dengan IAI DALWA beberapa waktu lalu (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus melakukan pengembangan dalam berbagai sisi. Terlebih, dalam menyikapi instruksi Kementerian Agama akan pentingnya lembaga perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan kampus berbasis pesantren.

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin MA menyampaikan, kampus yang terintegrasi dengan pesantren menjadi sebuah jawaban akan kebutuhan masyarakat pada pendidikan yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. 

Peluang ini juga dilihat oleh Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah (IAI DALWA) Bangil Pasuruan. Untuk itulah, IAI DALWA kemudian mengajak UIN Maliki Malang menjalin kerjasama dalam beberapa bidang. Mulai dari bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan SDM, pemagangan mahasiswa, pembinaan prodi S1, S2, S3, dan PPG. 

"Tidak hanya itu, kerjasama ini juga menyangkut soal penyelenggaraan kegiatan ilmiah juga," terangnya.

Pihaknya menilai, Dalwa telah memiliki kemandirian yang sangat kuat dengan ditopang berbagai macam anak usahanya untuk menopang perekonomiannya.  Hal ini menunjukkan kemajuan disertai dengan kemandirian yang tanpa menghilangkan budaya pesantren.

Untuk itulah, pihaknya berharap agar nantinya kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kedua belah pihak. "Saya senang sekali atas jalinan kerjasama ini, dan semoga UIN Maliki Malang juga bisa belajar membangun ekonomi mandiri menuju PTNBH dan IAI DALWA dalam upayanya beralih menjadi universitas bisa segera terwujud," paparnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAI DALWA, Dr al-Habib Zainal Abidin MPd dalam sambutannya pada FGD dengan tajuk Pengembangan kerjasama, akademik, riset dan SDM perguruan tinggi berbasis pesantren beberapa waktu lalu menyampaikan, UIN Maliki Malang telah menjadi guru bagi IAI DALWA. 

Berdiri pada 1991, Dalwa dengan kesederhanaannya sangat antusias dan semangat dalam membangun anak bangsa berbasis pesantren dan mandiri. Selama ini, kampus Ulul Albab itu memiliki hubungan yang baik dengan IAI DALWA.  UIN Maliki Malang pun telah banyak memberikan berbagai arahan maupun bimbingan membangun. 

"IAI Dalwa memiliki koneksi yang sangat baik dengan UIN Maliki Malang. Untuk itu pendampingan pengembangan dari berbagai aspek sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru