Malangtimes

Sukses Digelar Tour Gowes Wisata Nasional Dinas Pariwisata Kota Batu Diikuti Ribuan Peserta, Kenalkan Desa Wisata

Sep 24, 2022 13:42
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengikuti Tour Gowes Wisata Nasional 2022.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengikuti Tour Gowes Wisata Nasional 2022.

JATIMTIMES - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kota Batu ke 21 pada bulan Oktober mendatang, Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Polres Batu sukses menggelar Tour Gowes Wisata Nasional 2022, di kawasan Alun-Alun, Kota Batu, Sabtu (24/9/2022). Ribuan peserta memadati kawasan tersebut.

ADV

Setidaknya 1.200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti event ini. Para peserta pun diberangkatkan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama forkompimda pun ikut serta gowes.

Terlihat di antara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsudin, Pabung Kodim 0818, Mayor Czi Widagdo, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurochman, Sekda Kota Batu, Zadiem Effisiensi dan Kepala Dinas Pariwisata, Arief As Siddiq.

ADV

Para peserta itu berhasil menempuh jarak 15 kilometer mulai dari start di Alun-Alun Kota Batu menuju Desa Sumberejo, Desa Gunungsari, Desa Sumbergondo, Desa Bulukerto, Bukit Teletubies, Desa Bumiaji, Desa Pandanrejo dan finish di Alun-Alun Batu.

Tidak hanya mendapatkan manfaat dsri gowes, tapi para mereka disuguhi dengan pemandangan yang mencuci mata. Mulai dari pegunungan, perbukitan, persawahan, perkebunan, hingga udara nan sejuk mengiringi perjalanan mereka.

Dewanti mengatakan, bagi para peserta bisa mengikuti dengan gembira sekaligus menikmati keindahan alam Kota Batu. Namun harus tetap berhati-hati karena letak geografis Kota Batu yang naik-turun.

“Tahu kemampuan diri, jaga stamina karena Kota Batu kondisi geografisnya naik turun. Semoga sampai garis finish dengan selamat dan jangan lupa menikmati pemandangan Kota Batu,” ucap Dewanti.

Tak hanya Gowes, dalam giat kali ini Kapolres Batu Oskar juga memimpin Deklarasi Keselamatan Berlalu-lintas. Ya Dinas Pariwisata ikut ambil peran menyemarakkan Hari Lalu Lintas Bhayangkara sebagai bentuk apresiasi kepada institusi kepolisian, khususnya Polres Batu.

Karena ikut berperan membantu mewujudkan pariwisata sehat dan aman. Serta membantu mengurai kepadatan arus saat akhir pekan maupun menginjak masa libur panjang seperti pada momen lebaran maupun Nataru.

Kepala Dinas Pariwisata Arief As Siddiq menambahkan, even ini tidak hanya menawarkan sarana berolahraga, namun juga sekaligus berwisata, karena rute gowes melewati obyek wisata. Sebab peserta dimanjakan dengan melewati beberapa jalur yang menyuguhkan pemandangan alam khas Kota Batu, dan melewati beberapa destinasi wisata di Desa Wisata Kota Batu.

“Karena itu kami adakan Lomba Foto On The Spot. Jadi peserta bisa berhenti mengabadikan momen indah saat gowes,” ucap Arief. Setelah mengabadikan momen itu, peserta hanya cukup post foto di Instagram dengan hastag #tourgoweswisatanasional2022 #goweswisatabatu2022 #HariLantasBhayangkara_67 #HUTKotaBatu21.

ADV

Pada lomba Foto On The Spot dimenangkan oleh Gunawan Sokemgo dengan mengabadikan momen berlatar belakang spot swafoto vertikal garden di Baloga. Kemudian juara kedua dimenangkan oleh @brc_82_mx_batu dengan latar pemandangan Bukit Teletubies. Dan juara ketiga dimenang oleh Yoga Bika berlatar belakang vertikal garden di Baloga.

ADV

Sedangkan Grand Prize pada event ini yakni ‘Sepeda Motor’, ATV, dan puluhan doorprize menarik lainnya.

Menurut Arief, dengan event ini suatu genda tahunan yang digelar untuk mempromosikan pariwisata dan beragam kekayaan alam yang ada di Kota Batu. Supaya nantinya peserta bisa kembali ke Kota Batu untuk berwisata.

“Tour ini bagian dari promosi wisata yang kita laksanakan dengan cara yang berbeda,” terang Arief.

 Semoga dengan event ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru