Malangtimes

Tak Hanya Bisa Dikonsumsi Manusia, Yogurt Bermanfaat untuk Tanaman

Sep 24, 2022 10:16
Yogurt. (Foto: pinterest)
Yogurt. (Foto: pinterest)

JATIMTIMES - Umumnya masyarakat lebih mengenal yogurt dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun, nyatanya susu  fermentasi inu juga bermanfaat untuk tanaman. Yogurt bisa dimanfaatkan untuk keperluan penambah nutrisi pada tanaman.

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari yogurt untuk tanaman. Dikutip dari laman Balcony Garden, ada lima kelebihan dari yogurt yang bisa menguntungkan pertumbuhan tanaman di rumah kaliam. 

1. Pupuk tanaman

Yogurt dapat kalian gunakan sebagai bahan untuk membuat pupuk organik alami. Menurut hasil penelitian University of Washington, probiotik dari yogurt bisa membantu memperbaiki kandungan nitrogen tanaman dan meningkatkan pertumbuhannya.

Cara mengaplikasikannya mudah. Cukup campurkan yogurt dan air dengan perbandingan 50:50, lalu aduk menjadi satu. Kemudian tuang secukupnya ke bagian akar tanaman sekitar 1-2 kali selama sebulan untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Pembasmi jamur

Manfaat yogurt untuk tanaman bunga, sayur, buah, dan lainnya adalah sebagai pembasmi jamur, hama, gulma. Jadi, kalian tidak perlu lagi menggunakan pestisida. Jenis yogurt yang bisa digunakan untuk membasmi jamur tanaman yaitu plain yogurt.

Caranya, campurkan satu sendok makan yogurt ke dalam secangkir air, kemudian aduk. Lanjut masukkan campuran tersebut ke botol spray, lalu semprot ke bagian daun, bunga, hingga akar tanaman. Cairan ini boleh digunakan setiap hari.

Probiotik dalam yogurt akan bekerja menghasilkan asam humat, yakni penolak hama alami untuk melawan organisme patologis di tanaman sekaligus membentuk lapisan pelindung pada daun.

3. Media penumbuh lumut

Lumut mempunyai peranan penting sebagai media tanam karena bisa menyimpan cadangan air dengan baik. Selain itu, lumut pada tanaman berfungsi menjadi penyaring polutan sekaligus penyedia oksigen.

Salah satu cara untuk menumbuhkan lumut pada tanaman yaitu bisa memanfaatkan secangkir yogurt dan dua sendok lumut, lalu diblender bersamaan sampai teksturnya menjadi pasta. Selanjutnya tuang campuran yogurt tersebut ke bagian tanaman yang diinginkan supaya lumutnya tumbuh. Dan kalian bisa melihat sendiri perkembangannya secara singkat.

4. Bahan campuran kompos

Kompos merupakan pupuk organik yang kaya akan unsur nitrogen dan banyak bermanfaat untuk budidaya tanaman. Apabila kalian sedang membuat kompos, tidak ada salahnya mencampurkan yogurt ke dalamnya lalu ditutup dengan serbuk gergaji serta dedaunan.

Yogurt adalah produk organik. Menambahkannya ke tanah tentu sangat baik untuk tanaman karena bisa meningkatkan kandungan nitrogen tanah. Selain itu, kompos yogurt  efektif meningkatkan kesuburan untuk berbagai jenis tanaman seperti  sayuran, rempah-rempah, atau buah-buahan.

5. Meningkatkan hasil produksi tanaman

Yogurt mengandung dua jenis bakteri probiotik, yaitu Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaricus. Kedua probiotik tersebut dapat mengubah makromolekul seperti gula dan karbohidrat lain untuk menjadi nutrisi bagi tanaman.

Ketika tumbuhan di rumah Anda mendapat nutrisi yang terbaik, tentunya bisa meningkatkan produksi hasil tanaman, baik itu berupa sayur, buah, bunga, atau lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru