Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Selain Siswa Madrasah, Pemkab Malang Akan Beri Beasiswa Murid PAUD

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Sep - 2022, 10:02

Bupati Malang HM. Sanusi menyapa seorang siswa PAUD dalam sebuah kegiatan.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi menyapa seorang siswa PAUD dalam sebuah kegiatan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi rencananya akan memberi beasiswa ke murid lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Rencana tersebut merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk meningkatkan kualitas pendidikan warganya.

Sistem pemberian beasiswa kepada murid PAUD ini tidak akan jauh berbeda dengan rencana pemberian siswa kepada siswa madrasah yang sudah disamapaikan Bupati Sanusi beberapa waktu lalu. Rencananya, setiap murid akan diberi Rp 25.000.

"Jadi, akan masuk ke rekeningnya anak-anak (PAUD) masing-masing. Per anak Rp 25.000. Melalui rekening bank,  tidak diberikan tunai," ujar Sanusi.

Saat ini, pemkab masih melakukan pendataan yang dilakukan secara berjenjang untuk mengetahui secara pasti jumlah murid PAUD di Kabupaten Malang. Nantinya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan membuat rekening bagi setiap siswa.

"Jadi nanti kepala sekolah (PAUD) akan memberikan data ke Dindik (Dinas Pendidikan). Kemudian Dindik akan menyerahkan ke Bappeda dan Bappeda akan membuatkan rekening ke bank yang sudah kerjasama," terang Sanusi.

Sanusi mengatakan, dengan beasiswa tersebut, dirinya berharap agar kegiatan belajar mengajar di kalangan siswa PAUD dapat terbentuk secara lebih berkualitas. Sedangkan sebelumnya, rencana itu juga akan dilakukan untuk siswa madrasah di tingkat MI dan MTs.

"Kalau siswa PAUD sudah ada 70.000 siswa se Kabupaten Malang. Kalau madrasah kan yang ada sekitar 146.000. Jadi sistem (penyaluran beasiswa)-nya nanti sama," terang Sanusi.

Sebagai informasi, sebelumnya Pemkab Malang menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp 16 miliar untuk beasiswa bagi siswa madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah (MTs). Besaranya juga sama, yakni Rp 25.000. Dan di tahap awal ini, akan diberikan sebesar Rp 100.000 untuk waktu 4 bulan.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni