Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Jangan Putuskan Silaturahmi, Ini Ganjaran Berat bagi yang Memutus Silaturahmi 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Sep - 2022, 06:52

Ilustrasi silaturahmi (pixabay)
Ilustrasi silaturahmi (pixabay)

JATIMTIMES - Silaturahmi salah satu unsur penting dalam kehidupan. Silaturahmi merupakan amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. 

Menyambung silaturahmi dapat menyambungkan berbagai hal yang putus. Oleh karena itulah, silaturahmi memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rasulullah SAW pun memberikan penegasan untuk selalu menyambung silaturahmi. Diolah dari Islampos dan Nuonline, dalam sebuah kitab Ibnu Majah, Rasulullah bersabda: "Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makanan, sambunglah tali silaturahmi, laksanakanlah salat di waktu malam ketika orang lain tidur, maka kamu akan masuk surga dengan selamat," (HR. Ibnu Majah).

Dengan terus mengamalkan silaturahmi, Allah SWT akan memberikan balasan yang setimpal. Silaturahmi dapat melapangkan rezeki seseorang dan memperpanjang umur. Ditekankan Syekh Mutawalli asy-Sya’rawi, yang ditambahkan Allah dengan silaturahmi adalah keberkahan umur dan keberkahan rezeki.

Hal ini pun terdapat dalam sebuah hadis. Diriwayatkan Anas Bin Malik, Rasulullah bersabda: "Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia bersilaturahim," (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam hadit Qudsi, dijelaskan bersilaturahmi sama halnya menjalin silaturahmi dengan Allah SWT. Allah berfirman: "Aku adalah ar-Rahman (Yang Maha Pengasih), dan dia adalah rahim. Namanya Aku ambil dari nama-Ku. Siapa yang menghubungkan silaturahim (silaturahmi), maka Aku jalin hubungan dengan dia dan siapa yang memutuskan silaturahim, maka Aku putuskan hubungan dengan dia". (HR. At-Tirmidzi).

Sementara itu, ganjaran bagi umat yang memutus silaturahmi tentu sangatlah berat. Mereka tidak akan mendapatkan surga Allah. Tidak ada ancaman yang lebih berat daripada ini. Keberkahan umur dan rezeki tentunya akan dijauhkan Allah. 

Ganjaran berat kepada umat yang memutus silaturahmi  juga ditegaskan dalam kitab Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim. Yakni Rasulullah SAW bersbda bahwa tidak masuk surga orang yang memutuskan silaturahim" (HR Muttafaq ‘Alaih). 

 


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni