ODGJ Viral dimandikan Kades Perempuan di Tulungagung Telah Dibawa ke Rumah Sakit

Sep 23, 2022 19:32
ODGJ yang tidak diketahui identitasnya telah dibawa ke RS oleh kepala desa Sukorejo Wetan. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)
ODGJ yang tidak diketahui identitasnya telah dibawa ke RS oleh kepala desa Sukorejo Wetan. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Setelah sebelumnya viral, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ditemukan dan dimandikan di Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan, akhirnya dibawa ke Rumah Sakit dr Iskak Tulungagung. Hal ini disampaikan Kepala Desa Sukorejo Wetan Ernawati, Jumat (23/9/2022).

Menurut Ernawati, kondisi ODGJ yang ditemukan ini sudah agak membaik daripada sebelumnya. "Ada peningkatan dibanding yang kemarin," kata dia.

Ernawati pun mengirimkan foto evakuasi yang dilakukan Pemdes Sukorejo Wetan bersama mobil TEMS dari lokasi di kaki Gunung Cemenun  hingga UGD RSUD dr Iskak. "Alhamdulillah, sudah sampai rumah sakit," ungkapnya, sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, ODGJ tanpa identitas ini viral karena dimandikan langsung oleh kepala desa perempuan ini bersama perangkatnya. Dalam video yang beredar, Kades Ernawati langsung membawa air dari rumahnya dengan mobil pikap guna membersihkan ODGJ yang tidak dikenali Identitasnya ini.

"Kita inisiatif untuk memandikan biar bersih dan tidak bau," ungkap Ernawati, Kamis (22/9/22) kemarin.

Setelah dibuka sebagian bajunya, Ernawati bersama Mahfud -kepala dusun setempat- tanpa rasa jijik langsung memandikan ODGJ ini hingga bersih.

Video ini diapresiasi berbagai kalangan,  termasuk pengguna medsos. Mereka memuji sikap kepala desa bersama perangkatnya yang memandikan ODGJ terlantar ini. "Kemarin itu sama warga kami juga diberi makan," pungkas Ernawati.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru