Gubernur Khofifah Ajak Kuatkan Sport Tourism Malang Raya di Puncak Haornas 2022 Jatim di Kota Malang

Sep 23, 2022 18:34
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan dalam pembukaan puncak peringatan Haornas 2022 di GOR Ken Arok, Jumat (23/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan dalam pembukaan puncak peringatan Haornas 2022 di GOR Ken Arok, Jumat (23/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 Provinsi Jawa Timur (Jatim) dipusatkan di GOR Ken Arok Kota Malang, Jumat (23/9/2022). Dalam kegiatan tersebut, hadir secara langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa serta perwakilan pimpinan daerah di wilayah Provinsi Jatim. 

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya mengajak semua elemen untuk saling menguatkan dengan memanfaatkan potensi-potensi olahraga yang ada di masing-masing wilayah. 

"Hal-hal yang mungkin kita bisa bangun penguatan adalah satu, kalau untuk Malang Raya saya rasa untuk sport tourism itu sangat luar biasa. Dua sport sains itu kita punya Unesa luar biasa, ketiga sport industry saya lihat di Madiun ini sangat luar biasa," ungkap Khofifah kepada JatimTIMES.com. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa foto bersama atlet.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim ini menuturkan, bahwa mencetak juara-juara di berbagai bidang olahraga harus disinkronkan dengan sport tourism, sport sains dan sport industry.

"Sehingga setiap event olahraga akan punya dampak ekonomi yang bisa membangun keberseiringan," tutur Khofifah. 

Selain itu, mantan Menteri Sosial RI yang menjabat pada tahun 2014 hingga 2018 ini juga mengajak semua pihak untuk membangun suatu komitmen bersama, bukan hanya olahraga prestasi tapi olahraga masyarakat juga harus dibangun bersama. 

"Ada Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) yang saya rasa revitalisasinya mulai berjalan. Bagaimana memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," kata Khofifah. 

Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Malang Sutiaji yang sudah berkenan menjadi tuan rumah puncak peringatan Haornas 2022 Provinsi Jatim. Disinggung alasan memilih Kota Malang menjadi tuan rumah, Khofifah mengatakan hal itu telah melalui komunikasi intens antara Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Oh ini komunikasi antara dispora. Event internasional juga akan ada di sini (Kota Malang) kaya badminton (Indonesia Master dan Indonesia Challenge)," tandas Khofifah. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Walikota Malang Sutiaji.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Jatim yang telah menunjuk Kota Malang sebagai tuan rumah peringatan Haornas 2022 Provinsi Jatim yang dipusatkan di GOR Ken Arok. 

"Saya kira tribina cita Kota Malang tidak usah dipertanyakan sebagai kota wisata gabungan Malang Raya. Kalau mungkin kabupaten punya kearifan lokal di bidang SDA, Kota Batu wisata buatan. Kota Malang kita tawarkan budaya dan kuliner," ujar Sutiaji. 

Disinggung mengenai ajakan penguatan di sektor sport tourism di wilayah Malang Raya, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang ini sangat antusias. Karena hal itu dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Malang Raya, khususnya Kota Malang. 

"Sport tourism artinya kan olahraga menjadi pengungkit wisatawan untuk datang ke Malang. Di antaranya dalam waktu dekat ada Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) yang digelar di Kota Malang dan Indonesia Master serta Indonesia Challenge," pungkas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru