Sekitar 150 Titik Pekerjaan Jalan, Rp 30 Miliar Diusulkan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang dalam PAK

Sep 23, 2022 17:45
Salah satu jalan rusak di Kecamatan Pagak.(Foto: Istimewa).
Salah satu jalan rusak di Kecamatan Pagak.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sejumlah pekerjaan diusulkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga untuk dapat diakomodir melalui mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK). Pekerjaan-pekerjaan yang diusulkan tersebut adalah usulan yang memang sudah masuk di daftar tunggu.

Artinya, menurut Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Suwignyo, pekerjaan itu sudah ada di dalam perencanaan namun belum sempat terakomodir dalam perencanaan di APBD tahun anggaran 2022. Sehingga baru bisa diusulkan pada PAK ini. 

"Itu sebenarnya sudah ada titiknya, perencanaan, tapi tidak masuk dalam Musrenbang tahun anggaran 2022. Sehingga baru diusulkan dalam PAK ini," ujar Suwignyo, Jumat (23/9/2022).

Jika ditotal, anggaran yang diusulkan melalui PAK ini kurang lebih mencapai Rp 30 miliar. Dalam usulan itu, Dinas PU Bina Marga memperkirakan ada sebanyak 150 pekerjaan yang bisa dilaksanakan melalui proses penunjukan langsung (PL). 

"Jadi tinggal dibagi saja dengan anggaran Rp 30 miliar. Kalau pekerjaan PL itu kan anggarannya Rp 200 juta per pekerjaan," terang Suwignyo. 

Menurut Wignyo, titik pekerjaan yang diusulkan itu tersebar merata hampir di setiap kecamatan. Baik di jalan desa atau juga jalan kabupaten yang menjadi penghubung antar desa. 

"Jadi jalan kabupaten dan (jalan) poros desa. Kalau di persentase mungkin fifty-fifty lah. Karena kalau PAK kan kita mengejar waktunya yang bisa segera rampung," jelasnya. 

Pihaknya mengaku bahwa pekerjaan yang diusulkan tersebut diupayakan dapat merata. Antara jalan desa maupun jalan kabupaten. Meskipun menurutnya, yang paling banyak dikeluhkan adalah jalan kabupaten. 

"Kalau ditotal, berarti Rp 15 miliar untuk jalan kabupaten itu kemungkinan bisa untuk kurang lebih sepanjang 30 kilometer," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru