Begini Cara Unikama Lakukan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Baru

Sep 23, 2022 15:32
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat melakukan penanaman pohon dilingkungan rusunawa Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat melakukan penanaman pohon dilingkungan rusunawa Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pendidikan karakter kepada mahasiswa, tentu menjadi salah satu penekanan sebuah perguruan tinggi, seperti halnya Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Berbagai upaya, telah dilakukan kampus multikultural tersebut.

Salah satunya melalui kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon produktif dan maupun kerja bakti bersama para mahasiswa baru di sekitar lingkungan Unikama, Jumat (22/9/2022).

3

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi, menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dalam pendidikan karakter di Unikama. Bukan hanya melalui teori saja di dalam pembelajaran, namun juga turun langsung mengaplikasikan dalam wujud kongkrit.

"Panitia membuat sebuah kegiatan bagaimana untuk bisa terjalin kebersamaan dengan seluruh civitas Unikama," jelasnya.

Selain itu, isu lingkungan saat ini memang menjadi banyak bahasan. Banyak masyarakat selama ini belum care terhadap lingkungan. Untuk itulah, hal ini tentu juga untuk menumbuhkan karakter, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya disekitar kampus. 

2

"Diharapkan mereka lebih peduli terhadap penghijauan, kesejukan lingkungan. Ini yang kita tanamkan kepada mahasiswa," ungkapnya.

Ketua Pelaksana PKKMB, Dr Sudi Dul Aji MSi, menambahkan, pohon yang ditanam merupakan pohon produktif, seperti mangga. Terdapat 25 pohon yang ditanam di sekitar kampus. 

"Apalagi nanti disetiap pohon, ada labelnya, mahasiswa baru angkatan berapaz sehingga bisa dikenang terus. Setelah mereka lulus. Mereka masih punya memori terhadap kegiatan ini," paparnya.

1

Selain bagian dari pendidikan karakter untuk lebih peduli terhadap lingkungan, perihal nilai rasa persatuan dan kebersamaan dilingkungan civitas Unikama juga ditekankan dalam rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Hal ini diwujudkan dengan kegiatan senam bersama yang diikuti oleh seluruh warga Unikama.

"Ya harapannya semua bisa beradaptasi dengan kampus, bisa belajar dengan baik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru