Tahun 2023, Mal Pelayanan Publik Merdeka Kota Malang Dilengkapi Fasilitas untuk Disabilitas 

Sep 22, 2022 15:29
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat berada di Mal Pelayanan Publik "Merdeka" Kota Malang. (Foto: Dok. Istimewa)
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat berada di Mal Pelayanan Publik "Merdeka" Kota Malang. (Foto: Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang segera mewujudkan fasilitas penunjang untuk masyarakat disabilitas di Mal Pelayanan Publik (MPP) "Merdeka" Kota Malang.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah. Pihaknya menyebut, pemenuhan fasilitas penunjang fasilitas bagi masyarakat disabilitas akan direalisasikan pada pengembangan MPP "Merdeka" Kota Malang tahap tiga di tahun 2023.

Salah satu fasilitas penunjang masyarakat disabilitas yang akan dibangun di MPP "Merdeka" Kota Malang tahap tiga yakni lift khusus disabilitas yang memudahkan akses untuk menuju lantai tiga MPP "Merdeka" Kota Malang.

"Jadi begitu masuk nanti ada lift untuk kaum rentan dan disabilitas yang menuju lantai tiga. Itu nanti masuk di APBD Tahun 2023, kan juga ada pengembangan MPP tahap tiga," ungkap Mahmudah kepada JatimTIMES.com. 

Pihaknya mengatakan, anggaran yang dipersiapkan untuk pengembangan pembangunan tahap tiga MPP "Merdeka" Kota Malang dan sudah masuk dalam anggaran rencana kerja Disnaker-PMPTSP Kota Malang sebesar Rp 5,5 miliar. Jumlah tersebut juga ermasuk pembangunan lift khusus disabilitas yang diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 1 miliar. 

Ketika disinggung pada bulan apa pengembangan pembangunan tahap tiga MPP "Merdeka" Kota Malang yang juga meliputi pembangunan lift khusus disabilitas, Mahmudah mengatakan bahwa hal itu menunggu penyusunan Detail Engineering Design (DED). 

"Kami perlu menyusun DED dulu. Kemudian, setelah DED baru proses pengadaan di bulan enam. Iya (realisasi tahap tiga Bulan Agustus-September)," tutur Mahmudah. 

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa MPP "Merdeka" Kota Malang memiliki luas total bangunan 5.000 meter persegi. Untuk tahap pertama yang sudah terbangun seluas 1.300 meter persegi, kemudian tahap kedua yang saat ini sedang proses dibangun sekitar 1.400 meter persegi, dan pembangunan tahap ketiga akan menyasar sisa luas bangunan tersebut atau sekitar 2.300 meter persegi. 

Selain pemenuhan fasilitas penunjang masyarakat disabilitas, pengembangan pembangunan tahap tiga MPP "Merdeka" Kota Malang juga akan berfokus pada penambahan layanan instansi.

"Mungkin banyak pelayanan-pelayanan dari instansi pusat yang akan kita guide untuk bisa bergabung di MPP," terang Mahmudah. 

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya tengah berfokus untuk segera menyelesaikan pembangunan tahap dua MPP "Merdeka" Kota Malang. Kemudian, pihaknya juga akan segera melengkapi fasilitas tulisan MPP "Merdeka" Kota Malang di depan gedung serta tambahan papan penunjuk loket layanan instansi. 

"Kalau informasi loket di mesin antrean sudah ada, adanya papan penunjuk arah agar tidak bingung," pungkas Mahmudah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru