Podcast 'Ganti Status', Program UIN Maliki Malang Terkait Pendidikan Pra Nikah

Sep 21, 2022 16:02
Capture podcast Ganti Status (Ist)
Capture podcast Ganti Status (Ist)

JATIMTIMES - Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang berkolaborasi dengan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) dan Duta Kampus UIN Maliki Malang membuat sebuah podcast bernama "Ganti Status".

Kepala PSGA UIN Maliki Malang Dr H Istiadah MA menyampaikan, program ini merupakan program untuk memberikan pendidikan pra nikah. Biasanya dalam pendidikan atau sosialisasi program pria nikah dilakukan dengan workshop. Namun, kekinian seperti diketahui perkembangan teknologi semakin pesat, maka dalam pendidikan tersebut memanfaatkan media sosial.

"Kita ingin membuat program yang berbeda. Yang kita hadapi adalah generasi Z yang mereka lebih akrab dengan gadget. Oleh karena itu kita meng-create program dengan podcast ini dengan nama 'Ganti Status'," jelasnya dikutip dari kanal YouTube uinmlg Rabu (21/9/2022).

1

Lebih lanjut dijelaskan, nama podcast Ganti Status tentunya hasil dari diskusi. Ketika menikah, status seseorang pasti berganti. Awalnya seseorang sendiri,  setelah menikah tentu akan menjadi berdua bersama pasangan. Lebih dari itu, nama Ganti Status ini juga merujuk kebiasaan pengguna media sosial dalam mengganti statusnya.

Podcast ini, menjadi sebuah upaya dalam mensyiarkan bagaimana membangun sebuah pernikahan yang baik, melalui materi pendidikan pra nikah.  Dalam upaya itu, pihaknya akan mengajak seluruh elemen kampus, mulai dari pimpinan tertinggi hingga para dosen untuk turut berpartisipasi dalam memberikan pendidikan pra nikah.

"Kita akan kerahkan seluruh elemen kampus mulai dari Rektor, Wakil Rektor, ketua lembaga, dosen dan lainnya yang relevan dengan pernikahan. Karena kita punya beberapa fakultas yang sangat relate dengan pernikahan, seperti jurusan Ahwal Al Syakhshiyyah. Tentunya di sana mempunyai pakar pada bidang-bidang itu," paparnya.

Selain itu, pada Fakultas Syariah juga mempunyai Family Corner yang mempunyai pengalaman dalam menjadi mediator pasangan yang berkonflik, bahkan hingga sampai pasangan yang sampai berujung ke meja hijau. Termasuk Fakultas Psikologi. Dalam hal ini tentu keterlibatan Fakultas Psikologi sangat diperlukan dengan keilmuan yang berhubungan dengan pernikahan. 

"Mungkin bagaimana memilih jodoh, bagaimana memilih teman yang sehat, jangan friends with benefit dan ada yang kemudian KTD (kehamilan tidak direncanakan). Atau bahkan kekerasan ketika berteman. Untuk itu perlu sekali menyaksikan ini (podcast Ganti Status)," jelasnya.

Selain itu, pada bidang psikologi tentu ada juga keilmuan terkait bagaimana mempertahankan komunikasi yang baik antar sesama, khususnya pada pasangan. Kemudian, dalam podcast nantinya juga akan terdapat materi perihal parenting. Menjadi orang tua, tentu juga bukan jadi hal mudah. Oleh karena itu, harus dipersiapkan dengan matang.

Keterlibatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) juga menjadi hal penting. Dalam podcast akan juga diinformasikan tentang bagaimana menjaga kesehatan reproduksi yang baik, tentang gizi dan yang lainnya. Hal ini menjadi kesiapan penting yang harus diketahui sebelum melakukan pernikahan.

Tak kalah penting adalah keterlibatan dari Fakultas Humaniora. Ini penting untuk menjelaskan bagaimana cara hidup yang humanis dan menjelaskan terkait agama dan spiritualitas pada generasi Z. 

"Karena kita berada di lingkungan UIN dan membawa nama besar Islam. Karena itu tentu kita akan mengelaborasi tentang konsep-konsep Islam," jelasnya.

Jurusan arsitektur Sains dan Teknologi juga akan terlibat dalam memberikan edukasi pra nikah. Keterlibatannya tentu menginformasikan bagaimana membangun sebuah hunian yang nyaman untuk ditinggali.

"Ketahanan keluarga ada yang berkaitan dengan kualitas tidur. Ternyata ketika kita membuat ruang yang salah, maka kualitas tidur kita juga akan terganggu. Oleh karena itu, bagaimana (membuat sebuah hunian) ada privasi pasangan, namun dekat dengan anaknya, sirkulasi udara dan sebagainya, tentu membutuhkan ilmu arsitektur," paparnya.

Dalam hal keuangan, dalam pernikahan perlu perencanaan ekonomi dalam keluarga agar kehidupan sejahtera. Untuk itu, keterlibatan Fakultas Ekonomi dalam memberikan keilmuan berkaitan keuangan menjadi hal yang juga penting untuk menjaga keutuhan pernikahan.

"Maka ini harus dipersiapkan dari sekarang," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru