PKKMB Unikama 2022, Usung Tema Powerfull Agile Learner Lewat MBKM

Sep 20, 2022 18:55
Kegiatan PKKMB Unikama tahun 2022, diikuti oleh 758 Mahasiswa baru (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kegiatan PKKMB Unikama tahun 2022, diikuti oleh 758 Mahasiswa baru (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruan Malang (Unikama) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022, Selasa (20/9/2022). Powerfull Agile Learner melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka menjadi tema yang diusung.

Ketua Pelaksana PKKMB, Dr Sudi Dul Aji MSi menyampaikan, tema ini mengajak para mahasiswa untuk memiliki karakter tangguh, ulet dan kreatif. Untuk itulah, karena para mahasiswa baru Unikama yang berasal dari berbagai daerah ini, perlu adanya penyeragaman atau harmonisasi.

"Maka yang disampaikan dalam PKKMB adalah materi terkait bagaimana belajar di perguruan tinggi. Mereka dari siswa kini menjadi mahasiswa butuh penyesuaian," jelasnya.

1

Selain itu, dalam PKKMB juga diberikan pengetahuan tentang cara beretika sebagai mahasiswa dalam kegiatan bermedia sosial. Sebab, tak dipungkiri perkembangan saat ini tentunya tak bisa meninggalkan media sosial sebagai salah satu sarana untuk pembelajaran.

"Karena itu, di sini diberikan pemahaman bagaimana berperilaku yang baik di media sosial, dengan materi yang dipaparkan dari narasumber berkompeten," ungkap pria yang juga Direktur Kemahasiswaan dan Alumni.

Terkait pemahaman bela negara dan wawasan kebangsaan juga diberikan kepada para mahasiswa baru. Unikama mengundang narasumber dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

5

Begitu dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus, juga menjadi konsen Unikama. Narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) juga dihadirkan dalam upaya itu. 

Selain itu, tak lupa terkait pencegahan paham radikal yang berkembang di kampus, juga diantisipasi Unikama dengan menghadirkan narasumber dari Korem 083 Bdj.

"Nasionalisme ini sangat perlu ditanamkan kepada para mahasiswa. Di samping itu tentunya materi terkait kegiatan perkuliahan, kemahasiswaan dan yang lainnya," paparnya.

Sementara itu, kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama 4 hari. Mulai dari hari ini, Selasa (20/9/2022) sampai Jumat (23/9/2022). 

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan banyak kegiatan lain, seperti adanya pentas seni dari para mahasiswa, kemudian kegiatan Unikama peduli, penghijauan, lomba TikTok dan yang lainnya.

"Perkuliahan mulai Senin tanggal (26/9/2022), semua luring. Jumlah mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB ini ada 758 mahasiswa dari berbagai fakultas," pungkasnya.

4

Rektor Unikama, Dr Pieter Sahertian MSi menyampaikan, sebagai mahasiswa, tentunya memasuki fase pendidikan baru. Di fase ini, tentu para mahasiswa baru dituntut untuk lebih dewasa.

"Karenanya ditekankan untuk mempersiapkan transisi dari siswa ke mahasiswa. Memasuki jati diri sebagai manusia sesungguhnya melalui pendidikan tinggi. Kedewasaan diri menjadi sebuah keharusan, perlu persiapan dan proses adaptasi yang baik," tuturnya.

Melalui kegiatan PKKMB ini, diharapkan para mahasiswa nantinya menjadi alumni yang berkualitas dan membuat bangga kampus. Para mahasiswa diharapkan memiliki kedalaman ilmu yang baik, memiliki kemampuan bersaing secara global serta memiliki karakter yang cinta tanah air.

3

Sebagai insan kampus, wajib menerapkan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai identitas bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat erat kaitannya dengan segala aspek kehidupan. Oleh karenanya, melalui PKKMB ini, para mahasiswa baru akan memperoleh informasi mengenai sistem pembelajaran di perguruan tinggi, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Di samping kemampuan maupun kompetensi, lebih dari itu diharapkan untuk memiliki karakter rasa ingin tahu, inisiatif, ketekunan hingga kesadaran sosial budaya yang juga harus dimiliki. 

Faktor yang menentukan kesuksesan, bukan lagi pada talenta maupun pada intelgensi yang tinggi. Melainkan terletak pada kesabaran dan ketabahan sebagai perpaduan antara semangat berusaha, passion dan yang lainnya.

2

Selain itu, para mahasiswa tentunya harus dapat beradaptasi pada segala situasi, termasuk juga dalam belajar. Mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri untuk mencapai hasil yang maksimal.

"PKKMB tahun akademik 2022/2023 ini diharapkan dapat menjadi ajang memahamkan kegiatan MBKM serta pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri yang terus mengalami perubahan. Transformasi menuntut mahasiswa untuk memiliki dan meningkatkan kemampuan literasi, belajar teknologi, kemanusiaan dan yang lainnya," terang Rektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru