Unisma Terima 80 Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 dari 36 PT di Indonesia

Sep 20, 2022 15:00
80 mahasiswa Inbound dari 36 Perguruan Tinggi di Indonesia yang diterima Unisma (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
80 mahasiswa Inbound dari 36 Perguruan Tinggi di Indonesia yang diterima Unisma (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menyambut 80 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Inbound) Unisma 2022 dari berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia, Selasa (20/9/2022).

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi, melalui Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kerjasama Prof Junaidi, MPd PhD menyampaikan, 75 mahasiswa Inbound dan 5 mahasiswa Progam Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) selama di Unisma akan didampingi oleh dosen pengampu modul nusantara maupun para mentor.

1

Unisma dengan segalanya kemajuan yang dimiliki, mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dalam menjalankan beberapa program. Baik program dari Kemenristek Dikti, Kementerian Agama dan kementerian lainnya.

Salah satu program yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek adalah program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) yang berjalan saat ini. Melalui program ini, para mahasiswa akan mengikuti kegiatan akademik maupun kegiatan lainnya selama satu semester.

"Ini recognizinya sebanyak 20 SKS. 16 SKS yang ditempuh melalui perkuliahan reguler tatap muka DNA 4 SKS ditempuh melalui modul nusantara," paparnya.

Program ini, dijelaskan Junaidi tentunya sangatlah bermanfaat bagi para mahasiswa, khususnya dalam meningkatkan wawasan kebangsaan. Selain itu, wawasan kebangsaan ini akan terpupuk dan akan tumbuh dengan baik jika diiringi dengan pemahaman sikap kebhinekaan yang tinggi. Oleh karena itu, melalui program ini para mahasiswa akan diperkenalkan berbagai keberagaman sehingga menyebabkan sikap kebhinekaan para mahasiswa.

Tujuan ini sejalan dengan program Unisma. Di Unisma dikembangkan minimal 3 karakter dasar, pertama keilmuan yang berkaitan dengan kapasitas pengembangan intelektualnya, kedua karakter keagamaan yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas religiusitas dan ketiga adalah karakter kebangsaan yang berkenaan dengan penguatan, pemahaman nilai kebhinekaan dan kebangsaan.

"Sehingga menciptakan rasa cinta tanah air dan bangsa sebagai bangsa Indonesia. Pada program PMM-DN kami juga mendapatkan pengiriman dari 13 perguruan tinggi negeri di Indonesia," paparnya.

2

Mustofa MPdI Tim Menajemen Pertukaran Mahasiswa Merdeka menambahkan, adanya program ini juga akan meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggi.

Tahun 2022 ini, Unisma menjalankan program ini pada tahun kedua. Pada tahun ini, antusias para peserta lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Terdapat 80 mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka dari 36 perguruan tinggi. Pada tahun sebelumnya hanya ada 40 mahasiswa program pertukaran mahasiswa.

"Ini artinya, meningkat drastis sampai 100 persen. Selain itu, Unisma juga mengirimkan 58 mahasiswa dalam pertukaran mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta," jelasnya.

Pada program outbound, mahasiswa Unisma telah diterima di 27 perguruan tinggi yang tersebar di berbagai daerah. Sedang untuk mahasiswa Inbound berasal dari 36 perguruan tinggi, berasal dari Jambi, Aceh, Padang, Riau Medan, Gorontalo, Kendari dan lain sebagainya.

"Dari sisi gender, mahasiswa Inbound 57 perempuan dan 18 laki-laki. Dari PKKM 2 perempuan dan 3 laki-laki. Dan dimulai besok untuk perkuliahan sampai Januari 2023. Program ini serentak, dan nanti para mahasiswa hidup bersama para mahasiswa Unisma untuk belajar bersama," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru