Serba-serbi Pemakaman Ratu Elizabeth II, Berlangsung 8,5 Jam dan Habiskan Rp 136 Miliar

Sep 20, 2022 12:00
Ratu Elizabeth II (foto dari Internet)
Ratu Elizabeth II (foto dari Internet)

JATIMTIMES - Pemakaman Ratu Elizabeth II digelar pada Senin (19/09/2022) kemarin. Prosesi pemakaman mantan penguasa Kerajaan Inggris tersebut terjadwal sepanjang 8,5 jam.

Ratu Elizabeth II terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor. Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kastil Windsor (Windsor Castle), tepatnya di King George VI Memorial Chapel.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dimulai pukul 11.00 waktu setempat oleh  anggota kerajaan. Jenazah diberangkatkan dari istana Westminster ke Wesminster Abbey.

Prosesi pemakaman dimulai

Pemakanan Ratu Elizabeth II  berakhir pada pukul 19.30. Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di Kapel Memorial Raya George VI di Kastil Windsor. Dia dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.

Bunga yang diletakkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II dipetik langsung oleh Raja Charles III. Bunga yang dipilih sebagai simbol pernikahan bahagia dan melambangkan kekuatan cinta, yang menggambarkan kisah cinta Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip yang setia hingga akhir hayat.

Bunga yang dipetik langsung oleh Raja Charles III sebagai simbol pernikahan yang bahagia dan kekuatan cinta

Biaya pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II diperkirakan habis  sebesar Rp136,4 miliar. Kemungkinan menjadi acara kenegaraan paling mahal di Inggris yang digelar pada era modern.

Tak banyak yang tahu bahwa Ratu Elizabeth ikut serta dalam merencanakan proses pemakamannya sendiri yang telah dibuat sejak beberapa tahun lalu.

Pemakaman Ratu Elizabeth II juga disaksikan  beberapa anggota Kerajaan Inggris. Misalnya Kate Middleton dan Meghan Markle, yang merupakan cucu menantu Ratu Elizabeth II.

Kate Middleton mengenakan perhiasan milik Ratu Elizabeth II sejak dimulainya prosesi pemakaman. Mulai dari kalung mutiara dengan batu berlian di tengahnya hingga bros berlian dari kotak perhiasan kesayangan sang ratu.

Kate Middleton

Di samping itu, Meghan Markle memakai satu set anting mutiara dan berlian yang dihadiahkan kepadanya oleh Ratu Elizabeth II. Meghan Markle juga tampak mengenakan jubah hitam yang dipakainya saat merayakan ulang tahun sang ratu.

Meghan Markle

Sebagai informasi,  Kamis (8/09/2022) Ratu Elizabeth II meninggal dunia di kediamannya di Balmoral. Ratu Elizabeth II meninggal pada usia yang ke-96 tahun. Pangeran Charles, putra tertua Ratu Elizabeth, otomatis naik tahta menggantikan posisi ibunya.

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai pemegang tahta terlama di  Kerajaan Inggris, yakni 7 dekade. Ratu Elizabeth II naik tahta setelah kematian ayahnya, Raja George VI pada 6 Februari 1952. Saat naik tahta, usianya baru 25 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru