Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Hadiri Acara Panen Raya

Sep 20, 2022 10:45

Sabtu (17/9/2022) Bapak Mohamad Ridwan, STP. MM selaku Kepala Seksi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan menghadiri acara panen raya yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Cassiavera Bukit Hijau, Tlogomas.

Dalam kesempatan itu beliau juga turut serta dalam memetik sayur yang sudah siap untuk panen. Adapun sayur yang sudah siap panen antara lain sawi, terong, pokcoy dan cabai. Selain menghadiri acara panen raya ini, beliau juga ikut serta dalam memeriahkan acara penutupan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sumber : Foto Pribadi Kelompok 47 Gelombang 8 PMM UMM

Tidak hanya Bapak Mohamad Ridwan, STP. MM yang turut hadir dalam acara tersebut, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari 5 orang yang tergabung dalam program PMM 47 Gelombang 8 juga ikut serta dalam acara panen raya. Kelompok PMM yang dibimbing oleh bapak Setyo Wahyu Sulistyono, SE., ME. ini membantu para petani dalam memetik sayuran.

Kelompok PMM ini melakukan pengabdian pada kelompok Tani Cassiavera yang dimulai sejak tanggal 22 September 2022 - 17 September 2022. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasilPenelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam program kerjanya, kelompok PMM UMM ini membantu kelompok Tani Cassiavera dalam kegiatan mengelola administrasi dan digital marketing yang bertujuan untuk mengenalkan serta mempromosikan kelompok Tani Cassiavera kepada masyarakat yang berkaitan dengan hasil panen.

kelompok-47-gelombang-8-pmm-umm-259ee7b4cd7a38562.png
Sumber : Foto Pribadi Kelompok 47 Gelombang 8 PMM UMM

Kegiatan pengelolaan administrasi yang dilakukan oleh kelompok ini mencakup perekapan catatan pada buku panen, buku tamu, buku absensi, buku produksi, buku penjualan dan buku kas. Pengelolaan administrasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu para petani yang memiliki kendala pada saat melakukan pengelolaan administrasi yang masih menggunakan sistem tulis tangan. Tidak hanya itu, para petani tersebut juga mengalami kendala pada buku yang rusak atau hilang, sehingga mereka kesulitan dalam proses merekap catatan pada buku-buku administrasi.

Selain membantu dalam sistem administrasi, kelompok PMM ini juga membantu dalam pembuatan konten yang di upload ke sosial media terutama pada akun instagram kelompok tani Cassiavera ini, sehingga membantu dalam mempromosikan tanaman yang akan dipasarkan ke khalayak luas. 

Tanaman yang menjadi sasaran utama dalam promosiadalah bunga telang. Bunga telang merupakan salah satu tanaman yang dibudidayakan oleh kelompok tani Cassiavera karena memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Selain karena manfaat dari bunga telang tersebut, alasan lain mengapa bunga telang menjadi sasaran utama dalam promosi dan pemasaran, karena bunga telang dapat tumbuh dan berbunga dalam jumlah banyak setiap harinya, sehingga kecil kemungkinan akan mengalami kekurangan dalam stok penjualan.

Kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari oleh kelompok PMM ini antara lain menyiram tanaman seperti terong, cabai, pokcoy, labu siam, dan lain sebagainya, kemudian memetik bunga telang, dan menanam bibit tanaman pada polybag. Selain itu, kelompok ini juga membantu membersihkan rumput-rumput liar, memberikan obat organik pada tanaman, serta membantu dalam pengelolaan tanaman yang sudah siap panen.

kelompok-47-gelombang-8-pmm-umm-3d1045d7bc43cc084.png
Sumber : Foto Pribadi Kelompok 47 Gelombang 8 PMM UMM

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru