Tak Penuhi Kebutuhan, Blangko e-KTP Kabupaten Malang Menipis

Sep 19, 2022 16:12
Ilustrasi e-KTP.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi e-KTP.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Permohonan layanan kartu tanda penduduk (KTP) di Kabupaten Malang sepertinya sedang terkendala. Sebab saat ini, blangko e-KTP di Kabupaten Malang menipis atau bahkan dapat dibilang nyaris kosong. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, Harry Setia Budi mengatakan, kosongnya blangko e-KTP tersebut karena memang terbatasnya distribusi dari pemerintah pusat. 

Dirinya merinci, per hari setidaknya Kabupaten Malang membutuhkan hingga 600 blangko e-KTP. Namun jumlah tersebut tidak sesuai dengan kiriman dari Dirjen Dukcapil yang hanya 2.000 blangko e-KTP untuk dua minggu. 

"Itu untuk dua minggu, sedangkan kebutuhan kita 600 setiap harinya. Jadi bisa dikalikan," ujar Harry, Senin (19/9/2022).

Ia sendiri tidak dapat berbuat banyak atas kondisi tersebut, selain menunggu tindak lanjut dari Dirjen Dukcapil. Menipisnya stok blangko e-KTP tersebut, menurut Harry sudah terjadi sejak 1 bulan terakhir. 

"Kenapa menipis, karena memang tidak ada stok dari Dirjen Dukcapil Jakarta, jadi nunggu pengadaan dulu. Sudah sejak sebulan ini. Hari ini datang 2.000 (blangko), sebelum datang ya sampai kosong," jelas Harry. 

Sebenarnya, dalam satu bulan pihaknya telah mengajukan sebanyak 26.000 blangko e-KTP untuk kebutuhan di Kabupaten Malang. Namun, pihak Dirjen Dukcapil hanya bisa mendistribusikan sebanyak 2.000 blangko untuk waktu selama 2 minggu. 

Dirinya pun tidak dapat memperkirakan kapan kondisi tersebut akan membaik. Sebab menurutnya, pihak Dirjen Dukcapil hingga saat ini belum memberikan jawaban terkait kosongnya blangko e-KTP itu. 

"Hari ini dikirim 2.000 blangko, tapi yang mengantre permohonan untuk cetak e-KTP ada dua ribu lebih. Berarti kan kurang," jelasnya. 

Sebagai gantinya, Harry mengatakan, masyarakat yang membutuhkan pencetakan e-KTP untuk sementara waktu masih menggunakan surat keterangan identitas diri atau surat biodata. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru