Masjid di Kota Malang Diduga Jadi Ajang Pencitraan Anies Baswedan

Sep 19, 2022 15:55
Tabloid KBAnewspaper yang berisi konten Anies Baswedan dan diduga dibagi didalam Masjid Al Amin (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Tabloid KBAnewspaper yang berisi konten Anies Baswedan dan diduga dibagi didalam Masjid Al Amin (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Salah satu masjid di Kota Malang diduga menjadi ajang pencitraan Anies Baswedan. Peristiwa tersebut sampai viral di media sosial Twitter beberapa hari ini. Peristiwa tersebut diketahui berasal dari seseorang melalui akun Twitter @AkuAtikaFaya mengunggah beberapa foto tabloid yang berisi Anies Baswedan.

Pada thread yang dibuat @AkuAtikaFaya, ia mengaku terkejut saat melihat tabloid yang banyak terpampang foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Tabloid tersebut didapat suaminya usai melaksanakan salat Jum'at.

Wanita pemilik akun tersebut juga menjelaskan bahwa pembagian tabloid tersebut dilakukan di Masjid Al Amin yang berada di Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

“Yang dapat langsung tabloid itu suaminya saya, pas salat jumat (16/9/2022) kemarin. Saya unggah di Twitter seizin suami,” ungkapnya melalui Direct Message (DM) Twitter.

Dijelaskan wanita pemilik akun tersebut, beberapa eksemplar tabloid itu sempat diambil oleh pengurus masjid yang kemudian dibagikan kepada beberapa jemaah. Namun dari penuturan suaminya, tidak ada anjuran atau ajakan yang disampaikan pengurus masjid tersebut.

“Seperti yang saya posting, ada beberapa pengurus masjid mengambil beberapa eksemplar tabloid dari tempat khotbah dan kemudian dibagikan kepada jemaah sepulang salat jumat. Gitu aja, tidak ada ajakan atau anjuran apa-apa. Saat khutbah juga biasa gak ada pembahasan diluar khotbah jumat,” terang pemilik akun @AkuAtikaFaya.

Ia mengatakan bahwa hampir semua yang mengikuti salat Jum'at di Masjid Al Amin mendapatkan tabloid tersebut. “Kata suami jumlah tabloid hampir semua jemaah dapat. Kecuali anak-anak tidak dapat,” tegasnya. 

Pemilik akun tersebut pun bersedia memberikan tabloid yang didapatkan suaminya tersebut. Dia pun mengaku telah mendapatkan persetujuan dari suaminya. Tapi, dia memberikan tabloid tersebut melalui saudaranya. Karena, saat ini ia dan suaminya masih berada di luar kota.

Jika dilihat, tabloid tersebut bernama KBAnewspaper yang berisi 12 halaman. Disitu, seluruh isi kontennya mengulas soal Anies Baswedan.

Masjid Al Amin yang berada di Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Media inipun tertarik untuk melihat secara langsung masjid yang berada di Kelurahan Bakalan Krajan itu pada Senin (19/9/2022). Setibanya disana, masjid yang berada di pinggir jalan raya itu nampak sepi.

Saat wartawan media ini melihat-lihat ke dalam masjid, salah seorang ibu-ibu yang rumahnya tepat di depan masjid menanyakan maksud wartawan media ini berada di depan masjid. Disitu, wartawan media ini menyampaikan maksud dan tujuan datang ke Masjid Al Amin.

“Iya memang ada yang bagi-bagi koran gambar Pak Anies, tapi suami saya pas lagi gak ikut jumatan di sini (Masjid Al Amin). Karena yang jumatan anak saya, makanya tidak dapat,” kata seorang ibu yang rumahnya persis di seberang Masjid Al Amin.

Media ini pun kesulitan untuk mencari orang yang saat itu mengikuti salat Jum'at. Lalu wartawan media ini mencoba ke rumah RT setempat. Tapi RT sedang bekerja, wartawan media ini hanya ditemui oleh anak dan istrinya yang tidak mengetahui adanya tabloid tersebut.

Wartawan media ini pun beranjak kembali ke masjid untuk mencari orang yang saat itu berada di masjid. Akhirnya, tak lama kemudian ada orang dari sebelah masjid yang keluar dari rumahnya.

Wartawan media ini langsung bergegas menemui lelaki tersebut untuk menanyakan hal tersebut. Pria yang mengaku bernama Suroso itu mengaku sepulang salat jumat ia mendapatkan koran atau tabloid bergambar dan berisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Iya dapat koran isinya Anies Baswedan, pas pulang salat jumat semua boleh ambil. Saya ambil satu, tapi gak tahu lupa naruhnya di mana,” ucap Suroso.

Setelah itu, media ini mencari ketua takmir untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Namun dari beberapa warga yang ditanya, takmir ataupun sekretarisnya tengah bekerja. Akhirnya media ini pun bertemu dengan marbot masjid yang rumahnya berada di gang belakang masjid. Namun wartawan media ini hanya ditemui wanita yang mengaku sebagai istrinya.

“Maaf bapak lagi sakit, kalau tanya soal itu (tabloid) ke takmir saja,” kata wanita yang mengaku bernama Bu Yun, istri dari marbot Masjid Al Amin ditemui di rumahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru