Soft Launching, Mal Pelayanan Publik di Kota Batu Diberi Nama Among Warga

Sep 19, 2022 14:18
Warga saat melakukan pelayanan di MPP Balai Kota Among Tani.
Warga saat melakukan pelayanan di MPP Balai Kota Among Tani.

JATIMTIMES - Sesuai target, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batu bakal hadir pada bulan Oktober 2022 mendatang di pusat pemerintahan Balai Kota Among Tani. Meski demikian tasyakuran penempatan MPP Kota Batu ini telah dilakukan Senin (19/8/2022).

MPP hadir di Balai Kota Among Tani di Jalan Panglima Sudirman No 507. Bangunannya berada di lantai 2 Gedung B. Dalam syukuran itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga memberikan nama untuk MPP Kota Batu yaitu Among Warga.

Untuk saat ini baru ada beberapa pelayanan di MPP. Di antaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. “Alhamdulillah, Mal Pelayanan Publik Kota Batu sudah mulai soft launching,” ucap Dewanti.

Terlihat sudah banyak warga yang melakukan pelayanan di MPP Among Warga. Rata-rata mereka mengurus administrasi kependudukan. Dewanti menambahkan, dengan hadirnya MPP harapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari berbagai instansi di Kota Batu. Pada bulan Oktober mendatang, ditargetkan ada 22 organisasi/lembaga pelayanan masyarakat.

“Nanti, grand launching akan dilaksanakan 17 Oktober 2022 bersamaan dengan HUT Kota Batu ke-21,” ungkap Dewanti.

Menurutnya saat ini masih dipikirkan program pelayanan khas Kota Batu yang pas untuk sebuah kota wisata, dengan mencakup sektor pertanian dan UMKM yang bisa memudahkan masyarakat Kota Batu.

Sedang MPP memiliki jenis layanan dan instansi yang bervariasi. Sekaligus menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang kurang lebih sama, sesuai dengan standar pelayanan. Fasilitas tersebut antara lain adalah loket informasi, pojok baca, ruang laktasi, ruang bermain anak, toilet, dan pusat ATM.

Kehadiran MPP mengacu pada Perda Kota Batu Nomor 9 Tahun 2017 tentang Mal Pelayanan Publik dan juga untuk menindaklanjuti Peraturan Kemenpan RB Nomor 23 tahun 2017 tentang MPP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru