Jokowi Marah karena Banyak ASN Tak Bisa Buat Surat

Sep 19, 2022 11:07
Menpan RB Abdullah Azwar Anas.(Foto: Menpan.go.id).
Menpan RB Abdullah Azwar Anas.(Foto: Menpan.go.id).

JATIMTIMES - Tidak meratanya kompetensi aparatur sipil negara (ASN) ternyata menjadi persoalan. Bahkan kompetensi itu menyangkut kemampuan dasar yang seharusnya bisa dimiliki oleh seorang ASN, seperti kemampuan administratif  surat-menyurat. 

Bahkan, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Presiden Joko Widodo (Jokowi)  sempat marah karena ternyata banyak ASN yang tidak bisa membuat surat. Hal itu disampaikan saat membuka rapat koordinasi persiapan pengadaan ASN 2022 belum lama ini. 

"Presiden Jokowi marah ketika ASN tidak bisa nge-print surat dan tidak bisa bikin surat dengan alasan susah dan seterusnya," ujar Anas.

Menurut pria yang pernah menjadi bupati Banyuwangi ini, kompetensi itulah yang nantinya harus dan akan ditingkatkan. Apalagi jika ingin ASN ke depan bisa menjadi lebih hebat. 

Selain itu, Anas  menyoroti koordinasi antar-instansi yang dinilai masih kurang. Juga masih banyak lembaga yang hanya fokus pada program dan kegiatan yang menurutnya tidak nyambung dengan program prioritas presiden. 

"Birokrasi masih terjebak pada yang bukan prioritas presiden. Kita masih terjebak instansi kementerian-lembaga masing-masing karena urusan makanya bikin kegiatan. Uangnya habis dan kegiatan yang tidak nyambung di program," tandas Anas.

Karena itu, dia menambahkan, ke depan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah yang sekarang sudah berjalan di daerah disambungkan lagi dengan namanya SAKP (sistem akuntabilitas kinerja pemerintah),  bukan lagi instansi hubungkan antara program KLPT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru