5 Jurusan Kampus Paling Langka di Indonesia

Sep 19, 2022 09:05
Ilustrasi bangunan kampus. (foto dari Pixabay)
Ilustrasi bangunan kampus. (foto dari Pixabay)

JATIMTIMES - Di Indonesia terdapat banyak sekali kampus dengan jurusan yang juga beragam.  Namun, tidak semua kampus memiliki jurusan yang diminati oleh orang-orang yang cita-citanya unik atau langka.

Dikutip dari Instagram @toplist.id, ada 5 jurusan yang sangat langka di Indonesia. Bahkan hanya ada satu kampus yang memiliki jurusan itu.

Lima jurusan ini cukup memiliki peluang kerja yang besar karena proses belajarnya yang rumit serta kelangkaan ketersediaan jurusannya.

Lalu, jurusan apa sajakah itu? Yuk intip penjelasannya berikut ini.

1. Astronomi

ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) masih menjadi satu-satunya kampus yang memiliki jurusan astronomi. Salah satu hal yang menarik dari jurusan ini adalah akses langsung untuk belajar ke observatorium Bosscha yang legendaris.

2. Sastra Belanda

UI

Hanya ada satu kampus yang membuka jurusan Sastra Belanda, yaitu Universitas Indonesia. Hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, di jurusan Sastra Belanda, mahasiswa akan belajar seputar sastra, sejarah, linguistik, dan juga budaya.

3. Teknik Nuklir

UGM

Bagi yang tertarik mempelajari ilmu nuklir sebagai sumber energi, bisa memilih jurusan Teknik Nuklir yang hanya ada di UGM (Universitas Gadjah Mada). Calon mahasiswa dengan kemampuan ilmu fisika dan matematika bisa masuk ke jurusan ini.

4. Rekayasa Nanoteknologi

UNAIR

Di jurusan Rekayasa Nanoteknologi yang ada  di Universitas Airlangga (Unair) ini, mahasiswa akan mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil. Materi kecil ini kemudian akan dimanipulasi hingga tercipta suatu benda baru dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan.

5. Ilmu Keluarga dan Konsumen

IPB University

IPB (Institut Pertanian Bogor)  ternyata punya satu jurusan unik yang mempelajari  pengembangan dan pemberdayaan keluarga, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang upaya-upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru