Satlantas Polres Malang Luncurkan Mobil Pos Lalu Lintas Mobile

Sep 18, 2022 10:33
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung mengecek Mobil Pos Lalu Lintas Mobile.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung mengecek Mobil Pos Lalu Lintas Mobile.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Satlantas Polres Malang meluncurkan Kendaraan Pos Lalu Lintas Mobile. Peluncuran mobil Pos Lalu Lintas ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 yang jatuh pada 22 September mendatang. 

Peluncuran tersebut dilakukan langsung oleh Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dengan didampingi Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung bersama sejumlah jajarannya. Kegiatan tersebut juga digelar dengan serangkaian kegiatan lain. 

Ferli mengatakan, Mobil Pos Lalu Lintas Mobile ini dimaksudkan agar bisa lebih cepat merespon keluhan-keluhan masyarakat. Terutama yang sedang beraktivitas di jalan raya. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan mengingat cakupan wilayah hukum Polres Malang yang terbilang cukup luas. 

"Terkadang kalau ada kejadian lalin atau ruas jalan macet, termasuk blank spot atau trouble spot di Kabupaten Malang bisa cepat ditangani. Dengan pos lantas mobile ini harapannya petugas bisa memberikan respon terkait keluhan masyarakat terutama yang di jalan raya dengan lebih cepat," ujar Ferli. 

Selain Mobil Pos Lalu Lintas Mobile, dalam kesempatan tersebut Ferli juga melaunching Mobil Gemar  (Gerakan Edukasi Bersama Pak Umar). Nama tersebut disesuaikan dengan inisiatornya yakni Anggota Dikyasa Satlantas Polres Malang yakni Aiptu Umar. 

Berbeda dengan Mobil Pos Lalu Lintas, Mobil Gemar ini lebih dioperasikan sebagai sarana untuk mengedukasi terkait lalu lintas. Sedangkan yang menjadi sasaran adalah semua masyarakat terutama kalangan pelajar di lembaga pendidikan atau di pondok pesantren (ponpes). 

Menurut Ferli, dengan Mobil Gemar tersebut pihaknya berusaha menumbuhkan budaya tertib dalam berlalu lintas. Di mana hal tersebut dinilai sangat berpengaruh untuk menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas hingga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

"Yang coba kita bangun adalah budayanya. Yakni budaya tertib berlalu lintas coba kita bangun agar terus berkembang, mulai dari anak kecil, di TK sampai perguruan tinggi. Muaranya, dengan edukasi tersebut bisa mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," terang Ferli. 

Sementara itu, sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut Polres Malang juga melakukan bakti sosial. Yakni dengan memberikan bantuan kepada pengendara ojek online (ojol), tukang becak dan anak yatim. 

"Kita mencoba mengulurkan tangan ke ojol, karena mungkin terdampak penyesuaian harga BBM. Kita coba salurkan bantuan sesuai dengan kemampuan kita," pungkas Ferli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru